Pemanfaatan IT Untuk Pendidikan Sekolah Menuju 100% Digital

itoday - Kritikan tidak adanya perkembangan yang signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia sejak 100 tahun yang lalu, kini menemui titik temu. Era digital merupakan kesempatan bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mengubah dan mengembangkan sistem pendidikan yang lebih modern dan lebih dekat dengan dunia pelajar di zaman sekarang.

SMA Labschool Surabaya, sekolah yang bernaung dibawah yayasan Universitas Surabaya, didirikan dengan tujuan agar bermanfaat sebagai praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi dalam dunia pendidikan.

Pada acara Pameran Pendidikan SMA-SMK, 10-12 Jan 2019 di JX International Convention, Jl. Ahmad Yani Surabaya, SMA Labschool membuktikan sebagai sekolah yang berorientasi dengan inovasi pendidikan. Terdapat dua produk informasi teknologi terbaru yang ditampilkan di acara pameran tersebut di stand 121, SMA Labschool, yaitu:

1. KIPIN ATM

Sebuah Kios Pintar Digital yang berbentuk seperti mesin ATM berisi RIBUAN Buku Pelajaran Sekolah terbitan Kemendikbud (E-book), Video Pembelajaran berbasis kurikulum 2013, Latihan Soal Tryout dan Komik Literasi ( All in One ). Keunggulan lainnya dari KIPIN ATM ialah tidak membutuhkan jalur internet dan hanya dengan menggunakan jalur listrik saja KIPIN ATM sudah dapat langsung digunakan. Selain itu, KIPIN ATM juga dilengkapi dengan wifi yang terdapat di dalam mesin yaitu “KIPIN eduSPOT”, dimana semua data dalam KIPIN ATM dapat diunduh secara GRATIS oleh para siswa tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet.

2. PENDIDIKAN TRYOUT ONLINE (PTO).

SMA Labschool sudah menerapkan sistem PTO, yaitu sistem digitalisasi pelaksanaan latihan & ujian di sekolah yang selama ini menggunakan kertas telah beralih menjadi sistem online dengan memanfaatkan media digital seperti smartphone, tablet dan PC.

Pemanfaatan sistem PTO ini sangat berguna bagi:

a. Sekolah

Dapat menghemat biaya dalam pengadaan kertas karena tidak lagi mencetak dan mengcopy berkas ujian, serta efisiensi dalam penyimpanan naskah soal.

b. Guru

PTO memberikan kesempatan kepada guru untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam menyediakan latihan atau ujian. Sistem unduh nilai dapat dilakukan dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan grafik & statistik untuk menganalisa hasil siswa. Penghitungan hasilnya pun tidak lagi dikerjakan secara manual oleh guru namun sudah digantikan oleh sistem PTO yang akan menghemat waktu karena lebih cepat & akurat.

c. Siswa

PTO dapat diakses melalui gadget atau PC yang sudah akrab di kalangan generasi millenial khususnya siswa-siswi sekolah sehingga menjadikan latihan/ujian menjadi lebih mudah dan sederhana.

Sistem PTO ini juga akan bermanfaat untuk adaptasi siswa dalam pelaksanaan ujian CBT saat UNBK.

Kepala Sekolah SMA Labschool Surabaya, Dewi Purwati mengatakan “SMA Labschool selalu berinisiatif memanfaatkan teknologi informasi terbaru untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia dan kami mempersilahkan masyarakat untuk menghadiri acara pameran ini sehingga berkesempatan mencoba teknologi yang sudah diterapkan di SMA Labschool Surabaya dengan GRATIS. Pengunjung, baik siswa  SD, SMP, dan SMA di sekitar Surabaya bisa mendapatkan buku pelajaran, video pembelajaran dan komik yang menarik lewat perpustakaan digital yang dinamakan KIPIN ATM. Selain itu para siswa juga bisa mencoba Tryout Online secara gratis yang sudah disediakan di stand SMA Labschool.”

Komentar

Artikel Terkait