Mengenali Tipe-Tipe Pemimpin Berdasarkan Genetik

Kita semua pasti sering mendengar frasa yang mengatakan “born to be lead”yang artinya setiap kita di lahirkan sebagai seorang pemimpin.Frasa tersebut mengacu pada sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa “Setiap kita adalah pemimpin dan setiap kta akan di mintai pertanggung jawabannya”.

Menjadi seorang pemimpin merupakan sebuah amanah besar yang harus di laksanakan dengan baik dan tanggung jawab.Sebab,segala sesuatu yang di lakukan oleh seorang pemimpin baik itu hal kecil maupun hal besar,maka akan di mintai pertanggung jawaban dan akan di perhitungkan di hari perhitungan kelak.

Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi merupakan sosok yang mempunyi peran penting terkait mau di bawa kemana organisasi tersebut.Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi haruslah seseorang yang mempunyai parameter dan indikator sebagai pemimpin yang baik.Pemimpin tersebut  haruslah seorang pemimpin yang paham dan mengerti akan dirinya,paham dan kenal dengan kelebihan dan kekurangaannya,serta mengenal dengan pasti,seperti apa orang-orang yang di pimpinnya.

Berdasarkan konsep STIFIn,ada 5 tipe pemimpin sebagai berikut:

S (Sensing)

Sensing adalah pemimpin yang tahan banting tapi manja.Tipe S suka bekerja keras,dan rasa penatnya cenderung berhenti di urusan fisik semata,tidak saampai di bawa ke urusan psikis atau hati.Namun,dibalik kekuatan tahan bantingnya ini tipe sensing merasa perlu di dukung orang lain.

T (Thinking)

Thinking adalah pemimpin yang bisa menjadi mesin profit yang mahir,tetapi suka terjebak pada hal-hal spele.Alasan kenapa tipe Thinking bisa di andalkan jadi pemimpin yang mencari keuntungan karena kemandirian dan sistematikanya dalam bekerja.

I (Intuiting)

Intuiting adalah pemimpin yang reformis atau pembaharu,tetapi kurang sadar musuh.Tipe Intuiting berjiwa pengusaha dan menyukai perubahan karena itu ia selalu melihat peluang untuk melakukan perubahan.Namun terkadang ia selangkah lebih cepat dari zamannya atau tidak sesuai keinginan banyak pihak.

F (Feeling )

Feeling adalah pemimpin visioner.Visinya jauh ke depan tetapi mudah menyerah.Tipe Feeling layaknya seorang ideology,pemimpn yang visioner berani menghadapi arus yang di lawannya namun sayangnya kegigihannya naik-turun mengikuti mood-nya.

In (Insting)

Insting adalah pemimpin spiritual.Ia adalah generalis tapi tanggung,tidak tuntas.Tipe insting memang serba bisa,responsive,cepat tanggap,pragmatis,dan berpikir holistic secara cepat,namun karena persentase otaknya serba 50% yang membuat ia tidak menjalani pekerjaannya hingga tuntas.

Dengan mengetahui dan mengenali tipe-tipe pemimpin di atas,kita bisa melihat seperti apa pemimpin yang sedang memimpin kita saat ini,Konsep STIFIn juga menjadi salah satu referensi kita untuk menjadi pemimpin yang baik dan sebagai salah satu strategi kita untuk tak lagi mencari cara bagaimna seharusnya menjadi seorang pemimpin.

 

Pengirim

Heftika Nurfauziah

Mahasiswi STEI SEBI Depok

uswatunhasanaa157@gmail.com

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 100 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 107 kali

Kambing Naik Alphard