Pemilu Luar Negeri Sudah Nyoblos, Ini Jadwal Pengumuman Hasil

itoday - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah menggelar pemungutan suara Pemilu 2019 di sejumlah negara. Pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, yaitu sejak 8-14 April 2019. 

Kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 di luar negeri dilaksanakan sebagaimana jadwal dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019.

Pelaksanaan pemungutan suara pemilihan umum (pemilu) 2019 di luar negeri sudah berlangsung 8-14 April kemarin. 

Beredar kabar yang menampilkan data yang diduga sebagai hasil penghitungan suara pemilu di berbagai negara di dunia itu.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, ,Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, penghitungan suara hasil pemilu di luar negeri baru akan dilakukan pada 17 April waktu setempat.

"Kegiatan penghitungan suara pemilu di LN (luar negeri) dilaksanakan pada 17 April 2019 sesuai waktu setempat," tegas anggota KPU, Hasyim Asy'ari.

Ada tiga metode pemungutan suara di luar negeri. Pertama, memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersedia di luar negeri.

Kedua, memilih dengan Kotak Suara Keliling (KSK) yang bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI dan ketiga adalah metode pos.

Berikut keterangan lengkap KPU:

1. Hasil penghitungan perolehan suara pemilu Luar Negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

2. Hasil perolehan suara pemilu LN (real count) baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

3. Bila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu LN, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN.

Komentar

Artikel Terkait