Inilah 40 Lembaga Quick Count yang Resmi Terdaftar di KPU

itoday -  KPU merilis nama-nama lembaga survei yang akan menampilkan quick count hasil pemilihan pada Pemilu 2019. Tercatat sebanyak 40 lembaga survei telah terdaftar. 

"Sekarang KPU udah memberikan status ada 40 lembaga survei terdaftar," ujar anggota KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Wahyu mengatakan 40 lembaga ini telah resmi terdaftar di KPU. Selain itu, ia mengatakan seluruh lembaga ini telah memenuhi syarat yang diberikan. 

"Jadi lembaga survei terdaftar, artinya yang udah resmi udah diverifikasi KPU dan memenuhi syarat sebagai lembaga survei dalam Pemilu 2019," kata Wahyu. 

Beberapa syarat di antaranya lembaga survei harus melaporkan sumber dana yang digunakan. Tak hanya itu, lembaga survei juga harus memberikan informasi lengkap terkait metode yang digunakan.

"Ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi lembaga survei, antara lain lembaga survei harus melaporkan sumber dana yang dipergunakan dalam kegiatan survei. Ini untuk mengetahui asal muasal sumber dana tersebut, untuk menjamin lembaga survei itu lembaga yang independen," kata Wahyu. 

"Kemudian lembaga survei itu juga harus memberikan informasi lengkap, terkait dengan metodologi yang dipergunakan dalam survei. Kemudian lembaga survei harus melaporkan terkait dengan personel yang dipergunakan dalam survei tersebut," sambungnya.

Komentar

Artikel Terkait