Tegas! Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Ini Respon Jokowi

itoday - Calon presiden Prabowo Subianto menyatakan akan menolak hasil Pemilu 2019 yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019.

Calon presiden (capres) Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya hasil Pilpres 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia enggan mengomentari soal adanya penolakan hasil Pilpres 2019 yang disampaikan capres Prabowo Subianto.

"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU kepada penyelenggara yang punya kewenangan adalah KPU. Serahkan ke KPU," singkat Jokowi usai menghadiri acara bukber di kediaman Ketua DPD Oso, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Jokowi menilai, semua proses penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 telah diatur KPU. Sedangkan, aturan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu telah diatur dalam konstitusi seperti dikutip dari Okezone.com.

"Ya semuanya kan ada mekanismenya. Semuanya diatur konstitusi kita, semuanya diatur oleh UU. Kita semuanya diatur oleh PKPU. Semua mekanismenya ada. Jadi mestinya semuanya melalui mekanisme yang sudah diatur oleh konstitusi," imbuhnya.

Sebelumnya, Menurut juru bicara Badan Pemenangan Nasional ( BPN), Andre Rosiade, Prabowo Subianto menolak hasil penghitungan KPU dalam konteks Pemilihan Presiden 2019, bukan calon legislatif. "Karena memang kecurangan itu dirasakan di Pilpres. Pak Jokowi itu kan capres bukan caleg," ujar Andre seperti dikutip kompas (15/05).

Saat ditanya apa yang akan dilakukan BPN setelah KPU mengumumkan hasil penghitungannya 22 Mei, Andre mengaku belum mengetahui rencana setelah 22 Mei. Namun, sejauh ini BPN akan terus memantau proses yang dilakukan KPU setelah pernyataan Prabowo ini. "Yang jelas kami fokus dulu memantau apakah KPU akan melakukan perbaikan atau tidak," ujar Andre. 

Dalam acara "Mengungkap Fakta-fakta Kecurangan Pilpres 2019" di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta  (14/05), Prabowo Subianto menyatakan akan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan oleh KPU. "Saya akan menolak hasil penghitungan suara pemilu, hasil penghitungan yang curang," tegas Prabowo.

Komentar

Artikel Terkait