MER-C Ancam Pidanakan KPU ke Mahkamah Internasional, Ini Respon KPU

itoday - Komisioner KPU, Ilham Saputra mempersilakan MER-C untuk menggugat lembaganya ke Mahkamah Internasional.

"Silakan saja, itu hak mereka untuk menggugat, kami tidak bisa menghentikan orang yang mau melapor atau menggugat KPU," kata Ilham di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Mengutp dari TeropongSenayan, KPU juga telah melakukan lawatan ke beberapa tempat ditemukan banyak petugas KPPS meninggal dunia dan sakit.

Kementerian Kesehatan telah menyampaikan penyebab meninggalnya para petugas KPPS. Komnas HAM pun juga segera menyampaikan temuannya.

"Kebanyakan karena kelelahan dan punya riwayat sakit bawaan sebelum mereka jadi anggota KPPS. Ada juga yang meninggal karena kecelakaan," kata Ilham.

Sebelumnya, Medical Emergency Rescue Commite (Mer-C)  menyikapi tragedi “Bencana Kemanusiaan Pemilu 2019”. Terkait hal itu, sebagai lembaga sosial kebencanaan dan kegawatdaruratan medis, MER-C siap mengajukan gugatan ke ICC/ICJ dan UN Commission dan Human Rights jika Pemerintah dan KPU tetap abai atas tragedi Pemilu 2019.

Direktur MER-C Jozerizal Jurnalis mengatakan, pemerintah dan KPU terkesan mengabaikan kejadian meninggalnya 606 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sejak hari pemungutan suara 17 April 2019 hingga kini.

Komentar

Artikel Terkait