Miris, Guru Honorer di Pandeglang Tinggal di Toilet Sekolah

itoday - Nining Suryani seorang guru honorer SD Negeri Karyabuana 3, di Kecamatan Cigeulis,Pandeglang yang berkehidupan sederhana.

Nining terpaksa harus tinggal dengan memanfaatkan toilet sekolahnya selama dua tahun terakhir.

Nining beserta suami, Eby (46), membangun sendiri ruang kamar tidur, sekaligus ruang tamu dan warung jajanan anak SD. Agar tidak merasakan bau menyengat dari dalam WC, Nining dan Eby suaminya, harus rajin membersihkan toilet.

NIning mengaku sempat putus asa menjadi honorer sejak 2004 di sekolah ini. Dia hanya mendapat upah Rp 350 ribu yang dibayarkan pertiga bulan seperti dikutip dari Detik.com. 

"Putus asa karena pemerintah nggak ada kebijakan buat saya, putus ada usia sudah tua bagaimana selanjutnya kalau nggak ada perhatian dari pemerintah," katanya. 

Dia masih menyimpan mimpi untuk diangkat oleh pemerintah menjadi PNS. Jika pun tidak, ia meminta pemerintah memberikan perhatian kepada para honorer. 

Sang suami, Eby, mengaku sudah mendapatkan izin untuk menempati toilet SDN Karya Buana 3. Bahkan pihak sekolah membantu membelikan bahan bangunan untuk membangun kamar tidur dan warung yang juga dijadikan ruang tamu.

"Tempat tinggal bantuan keberpihakan kepala sekolah, cuma saya yang kerjain sendiri. Dapat izin (dari kepala sekolah)," kata Eby, di tempat yang sama.

Nining mengaku untuk kebutuhan sehari-hari, ia menjual makanan kecil untuk murid-murid. Suaminya sendiri bekerja serabutan. Nining mengaku punya 2 anak. Satu sekolah di tingkat MTS dan satu kerja. 

"Anak harus sekolah terus, saya semangat untuk biaya sekolah. Harapannya pengin jadi anak pintar" katanya. 

Meski memanfaatkan toilet sekolah sebagai bagian dari rumahnya, Nining mengaku tidak terganggu. Ia memanfaatkan toilet untuk dijadikan dapur dan kebutuhan kakus. Sementara, ia memanfaatkan lahan di samping toilet untuk tinggal sehari-hari. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 129 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 147 kali

Kambing Naik Alphard