Ini Kronologi Mati Lampu Jakarta hingga Proses Pemulihan oleh PLN

itoday - Sekitar pukul 12.00 WIB, listrik di daerah Jakarta dan sekitarnya mati total atau blackout. Ternyata, mati lampu tersebut tidak hanya di daerah Jakarta. Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah mengalami pemadaman listrik.

Kegiatan yang bergantung pada listrik menjadi lumpuh, termasuk layanan publik, transportasi, perbelanjaan hingga perbankan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (persero), Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan, PLN langsung melakukan recovery atau pemulihan gangguan. Adapun kronologi gangguan tersebut bermula sejak pukul 11.45 WIB.

"11.45 detik 27, pada saluran udara Ungaran terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua. Akibatnya di menit 48 detik ke 11, menyebabkan jaringan SUTP Depok Tasik mengalami gangguan," kata dia di Depok, Minggu (4/8/2019).

Dia menegaskan, hal tersebut merupakan awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa barat, Banten dan DKI Jakarta. "Pada saat 11.45 detik ke 27 saat itu Jawa tengah normal, hanya Brebes saja, tapi Brebes sebenarnya masuk dalam sistem Jawa Barat," ujarnya.

Kemudian, pada pukul 11.48 WIB, Jabar, Banten dan DKI mengalami mati lampu. "Kami manajemen PLN memimpin langsung dan mengawal langsung proses recovery. Dari sini kita bisa memantau bagaimana pasokan listrik dari timur ke barat untuk mendukung pasokan," ujarnya.

Komentar

Artikel Terkait