Mulai 1 Januari 2018, Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

itoday - Pendakian ke Gunung Semeru ditutup total mulai 1 Januari 2018. Penutupan tersebut tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), nomor PG.4/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2017.

Penutupan pendakian tersebut diambil untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian. Pihak TNBTS juga beralasan demi menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengungkapkan ada beberapa alasan yang menyebabkan ditutupnya semua jalur pendakian ke Gunung Semeru. Antara lain melihat intesitas curah hujan yang tinggi hingga beberapa bulan ke depan, dilihat tidak baik dari segi keselamatan.

"Lalu untuk recovery (pemulihan) ekosistem jalur pendakian. Mengingat setelah sembilan bulan kawasan tersebut dikunjungi pendaki yang relatif tidak sedikit, sehingga untuk mengembalikan ekosistem kawasan secara alami kita tutup kawasan tersebut," ujarnya seperti dilansir KompasTravel, Selasa (19/12/2017).

Selain itu juga pihak TNBTS ingin melakukan perbaikan, dan pemeliharaan sarana prasarana di jalur pendakian, demi kenyamanan pendaki.

Adapun tindakan ini memang dilakukan setiap tahunnya. Namun, lama waktu penutupan, tergantung banyaknya atau besarnya pemulihan yang dilakukan.

Untuk waktu berakhirnya penutupan tersebut, pihak TNBTS belum bia memastikan, karena perlu tinjauan lebih lanjut secara berkala. Syarif Hidayat mengatakan, mungkin minimal tiga bulan, atau lebih.

"Bisa minimal tiga bulan atau jika ada pertimbangan lain bisa lebih dari itu. Jadi untuk penutupan sampai kapannya kita liat perkembangan di lapangan," pungkasnya.

 

Sumber: Kompas

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 07 Februari 2018 - 14:56 WIB

FIA Umumkan 20 Pebalap F1 Musim 2018

Selasa, , 02 Januari 2018 - 11:49 WIB

Wapres JK Buka Perdagangan Bursa Efek 2018