Menag Lukman Akan Resmikan Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia

itoday - Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia disingkat (P2I) organisasi massa nirlaba mewadahi para praktisi dunia pendidikan pesantren dari berbagai penjuru tanah air, bersifat nonpartisan berazaskan Islam berdasarkan Pancasila dan UUD RI 45.

H.M Tata selaku ketua P2I mengatakan bahwa gerakan ini bermunculan atas aspirasi pengasuh pesantren sehingga dapar bergerak secara nasional dan internasional.

"Mengingat bahwa pengasuh pondok pesantren di Indonesia belum memiliki organisasi tersendiri yang khusus menghimpun para pengasuh pesantren di Indonesia (dari berbagai latar belakang ormas yang ada) untuk menampung aspirasi pemikiran dan membahas berbagai persoalan yang muncul baik secara nasional maupun internasional, maka diperlukan adanya organisasi tersebut," ujar Tata melalui siaran pers, Minggu (7/1).

P2I adalah organisasi yang didirikan oleh para praktisi pesantren yang terlibat langsung sebagai pengasuh pondok pesantren. Ide pembentukan perhimpunan ini muncul dalam diskusi beberapa pimpinan pesantren di Indonesia. 

Sebagai tindak lanjut ide tersebut pada pertemuan beberapa pengasuh pesantren tanggal 28 November 2015 bertempat di PP Darunnajah Jakarta dan ditindaklanjuti dengan rapat pada tanggal 4 Maret 2016 di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash didirikanlah Organisasi Pengasuh Pesantren Indonesia dengan nama Pengasuh Pesantren Indonesia disingkat P2I. 

"Perhimpunan ini akan dilaunchingkan pada pagi ini  yang bertempat di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Insya Allah akan hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua MUI kyai Ma'ruf Amin, Kyai Hasan Abdullah Sahal, Prof. Yudi Latief dan 200 pimpinan pesantren se-Indonesia," tutup Tata.

 

Komentar

Artikel Terkait