Kawah Ijen Masih Jadi Primadona Wisata di Banyuwangi

itoday - Kawah Ijen masih menjadi primadona tujuan para turis mancanegara yang melancong ke kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Turis asal Eropa dan Jepang mendominasi pelancong asing yang menikmati pemandangan indah di kawasan tersebut. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kepopuleran Kawah Ijen itu tak lepas dari program yang ditawarkan agen perjalanan atau travel agent. Sebagian besar menawarkan paket wisata untuk menikmati keindahan Kawah Ijen kepada para calon pelanggan mereka. 

"Primadonanya masih Kawah Ijen karens travel-travel agent menawarkan pemandangan kawah Ijen. Karenanya, banyak pelancong ke Banyuwangi dan menambah bermalam di sana," ujar Azwar Anas di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (1/2/2018). 

Untuk lebih menarik minat wisatawan dan juga memperkenalkan sejumlah lokasi wisata yang tak kalah cantik dari Kawah Ijen, Banyuwangi telah membuat 77 kalender wisata sepanjang tahun ini. Dari angka tersebut, 5 di antaranya adalah event unggulan untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman). 

“Dari TOP 77 calender of event ini kami memiliki 5 event unggulan;  Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Beach Jazz Festival, dan Jazz Ijen,” papar Azwar Anas. 

Dari 5 event tersebut, event Banyuwangi Ethno Carnival dan Gandrung Sewu adalah yang paling banyak diminati wisman. Di dua event wisata ini, para wisatawan ini dapat berbaur dalam atraksi berkesenian yang melibatkan masyarakat setempat. 

"Sementara itu gencarnya publikasi media terhadap penyelenggaran event di Banyuwangi menjadi pendorong meningkatnya kunjungan wisatawan ke destinasi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa,” kata dia.  

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 14 Februari 2018 - 12:27 WIB

Wisatawan Asing ke Sabang Berkurang 40 Persen

Telah dilihat : 2726 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2709 kali

sahabat total episode 1