Wisata Foto Bawah Air Hadir di Purbalingga

itoday - Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, memiliki objek wisata yang bisa dijadikan tempat atau spot foto di bawah air (underwater) seperti layaknya objek wisata Umbul Ponggok di Klaten. Objek tersebut bernama Situ Tirta Marta yang memiliki tujuh sumber mata air tersebut, di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

Pengelola Objek Wisata Situ Tirta Marta Kurniawan mengatakan objek wisata air yang ada di Desa Karangcegak ini merupakan objek wisata alam karena keberadaan sumber airnya sudah ada sejak lama. Bahkan, lanjut dia, kompleks objek wisata juga terdapat gua yang bisa dikembangkan lagi sebagai objek wisata tambahan.

Karena sumber airnya yang melimpah, kata dia, akhirnya sejak tahun 2015 dijadikan objek wisata dengan disediakannya kolam pemandian alami. "Airnya berasal dari alam dan selalu jernih karena terjadi sirkulasi secara terus-menerus menyusul melimpahnya sumber mata air dari kawasan tersebut," ujarnya, Jumat (23/3).

Karena sumber airnya berada di kompleks objek wisata, menurut Kurniawan, bebas dari pencemaran karena tidak ada aliran air yang berasal dari kawasan pemukiman atau persawahan. Bahkan, kata dia, air tersebut justru dimanfaatkan untuk pengairan areal persawahan di sekitar desa setempat maupun beberapa desa tetangga.

Dalam rangka menarik wisatawan, maka lokasi pemandian tersebut juga ditawarkan sebagai spot foto di dalam air atau underwater. "Kami juga sudah menyiapkan kamera serta properti untuk foto di dalam air, seperti sepeda motor, tenda, dan televisi," ujarnya.

Untuk paket foto di dalam air dengan properti, biayanya sebesar Rp 150 ribu, sedangkan tanpa properti hanya Rp 100 ribu untuk lima orang. Fasilitas lain yang tersedia, yakni paket outbound, river tubing di aliran sungai setempat, flying fox serta tempat pemancingan.

Objek wisata tersebut, lanjut dia, masih memungkinkan dikembangkan karena terdapat tujuh kolam serta tujuh sumber mata air. "Kami juga siap melayani foto prewedding dengan catatan properti disediakan sendiri," ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan, kolam pemandian sekaligus lokasi pengambilan gambar di dalam air bakal diperlebar.

 

Sumber : Antara

Komentar

Artikel Terkait

Minggu, , 25 Maret 2018 - 00:46 WIB

Wisata Foto Bawah Air Hadir di Purbalingga