Pulau Moyo di Sumbawa, Surga Kecil yang Pernah Jadi Tempat Singgah Lady Diana

itoday - Bukan rahasia umum bila para bangsawan Inggris menyukai bulan madu di tempat eksotis yang sepi, terpencil dan tenang. Tak cuma ke Afrika, Karibia, tapi pernah ke Indonesia juga lho!

Pulau Moyo yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pernah dikunjungi mendiang putri Diana pada tahun 1993. Suasana yang sepi, air laut yang jernih, air terjun alami, serta fasilitas resort bintang 5 sanggup membuat putri Diana betah.

Putri Diana, ibu pangeran Harry dan William pernah berkunjung ke pulau Moyo pada Agustus 1993 untuk berbulan madu. Saat itu ia menginap di Amanmawa, satu-satunya resort yang ada di pulau Moyo. Putri Diana menginap di glamping atau glamour camping selama 3 hari 2 malam.

Keeksotisan pulau Moyo telah berhasil memikat putri Diana. Air laut yang jernih berwarna turkois, garis pantai berpasir putih yang menakjubkan, serta beragam spesies hewan laut bisa ditemukan di bawah laut pulau Moyo. Tak mengherankan bila pulau Moyo menjadi destinasi favorit untuk snorkeling dan diving.

Kawasan hutan di pulau Moyo juga masih sangat asri karena jarang dijamah manusia. Di antara rimbunnya pepohonan, Lady Diana pun sempat mengunjungi air terjun Mata Jitu. Dia pun terpesona dengan keindahan air terjun yang air kolamnya berair jenih seperti warna turkois. Setelah dikunjungi Lady Diana, penduduk setempat kini menyebut air terjun Mata Jitu sebagai air terjun putri Diana.

Lady Diana menyukai pulau Moyo karena pulau ini terpencil, sepi, serta suasananya sangat tenang. Aktivitas liburan pun bisa dinikmati tanpa gangguan misalnya melihat sunset dari dalam glamping.

Selain itu ada banyak satwa yang bisa dilihat saat trekking ke dalam hutan seperti kelelawar, burung, rusa, ular, ratusan jenis kupu-kupu, sampai babi liar. Menjelajah sungai di tengah hutan dan gua-gua pun asyik karena alamnya sangat asri.

Kecantikan luar dalam pulau Moyo tak hanya menghipnotis putri Diana saja. Tapi juga para selebritis seperti David Bowie, Maria Sharapova, dan Mick Jagger. Setelah puas menikmati alam liar dan berenang di air laut yang sejernih kristal, para pesohor dunia juga dimanjakan dengan fasilitas spa di resort.

Untuk menuju ke pulau Moyo bisa menggunakan mobil dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, sebuah desa nelayan yang berjarak 20 kilometer di utara Sumbawa Besar. Lalu lanjut dengan naik perahu atau speedboat selama 40 menit. Tentunya bisa juga naik helikopter dari Bali.

 

Komentar

Artikel Terkait