Mariah Carey Sukseskan Episode Perdana Borobudur Symphony

itoday - Borobudur Symphony merupakan satu perwujudan ide yang diharapkan mampu menjadi pemantik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan. Mariah Carey, menjadi sajian pertama yang cukup sukses menarik kunjungan ke Candi Borobudur.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko baru saja mewujudkan ide bertajuk Borobudur Symphony. Mendatangkan penyanyi dunia Mariah Carey, langkah itu diharap jadi pemantik meningkatnya kunjungan ke Candi Borobudur.

Project Director Borobudur Symphony, Palwoto mengatakan, gelaran itu memang merupakan perhelatan musik bertaraf internasional yang pertama kali digelar tahun ini. Gelaran itu mengawinkan dua mahakarya. Yaitu,  mahakarya Candi Borobudur sebagai World Heritage yang disandingkan mahakarya musik dunia bersamaan dalam satu pagelaran. Mariah Carey dipercaya untuk mengisi episode pertama Borobudur Symphony.

Diva musik pop dunia itu tampil di Taman Lumbini, bersanding dengan keindahan Candi Borobudur itu sendiri. Penampilan istimewa itu sekaligus menjadi momen bersejarah Borobudur Symphony.

"Di mana dua mahakarya disaksikan secara bersamaan masyarakat dunia, ini merupakan sebuah upaya dari kami untuk lebih memperkenalkan lagi Indonesia melalui Borobudur Symphony ke kancah dunia," kata Palwoto.

Kepada promotor, CEO Rajawali Indonesia Communications, Anas Syahrul Alimi, Mariah Carey turut mengungkapkan kegembiraannya bisa tampil di Indonesia. Terutama, di situs seindah Candi Borobudur.

Peraih lima Grammy Awards itu mengaku, sangat beruntung bisa tampil di banyak tempat istimewa dunia. Mariah menilai, tampil di candi Budha terbesar dunia merupakan satu kehormatan luar biasa.

"Saya merasa sangat beruntung bisa tampil di banyak tempat spesial di seluruh dunia, sungguh ini menjadi kehormatan bagi saya bisa diberi kesempatan untuk tampil di candi Budha terbesar di dunia," ujar Mariah.

Borobudur Symphony 2018 sendiri terselenggara atas sinergi enam BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Sinergi ini diharap menjadi energi positif memperkenalkan pariwisata Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, Borobudur Symphony merupakan bentuk usaha BUMN Hadir Untuk Negeri menginternasionalisasi pariwisata Indonesia.

"Diharapkan Candi Borobudur akan lebih dikenal, terutama dunia internasional karena yang akan dihadirkan penyanyi-penyanyi yang memiliki fans di seluruh dunia," kata Edwin.

Senada, Ketua Himbara, Maryono menambahkan, Himbara sebagai perhimpunan bank-bank milik pemerintah akan mendukung tiap kegiatan yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan. Sehingga, bisa mendorong geliat ekonomi masyarakat.

Dia menilai, unsur hiburan seperti konser musik jadi bagian penting dari bisnis pariwisata, utamanya industri hospitality. Terlebih, Candi Borobudur merupakan warisan budaya bangsa yang telah diakui sebagai World Culture Heritage.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan mendukung pagelaran Borobudur Symphony," ujar Maryono. 

 

Sumber: ROL/Foto:Jawa Pos

Komentar

Artikel Terkait