Ini Tempat Paling Kotor di Pesawat

itoday - Sebuah penelitian baru telah mengungkapkan bagian paling kotor yang ada di pesawat terbang. Kabar buruknya, bagian-bagian itu adalah tempat yang paling sering kita sentuh selama berada di dalam pesawat.

Penelitian tersebut melihat 18 penerbangan jarak pendek antara Ottawa dan Montreal dengan jam terbang yang berbeda dalam satu hari. Maskapai yang terlibat adalah tiga maskapai besar Kanada, yaitu Air Canada, West Jet dan Porter. Mereka mengumpulkan lebih dari 100 sampel, menyeka sabuk pengaman, meja lipat, sandaran kepala, tempat duduk, dan gagang pintu kamar mandi.

Para peneliti menemukan, sandaran kepala merupakan bagian paling kotor dalam pesawat terbang. Tempat ini membawa bakteri hemolitik dan E coli. Tempat duduk juga menjadi bagian paling kotor kedua dengan jumlah jamur, coliform, dan E coli yang tinggi.

Para ilmuwan mengatakan keberadaan E coli menunjukkan ada kontaminasi feses dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan infeksi usus, diare, muntah, dan sakit perut.

Ahli mikrobiologi Keith Warriner, mengatakan kepada CBC News, dilansir di Metro mengataka ia benar-benar takjub mengenai seberapa banyak orang bisa benar-benar sehat kembali dari bakteri-bakteri tersebut. "Beberapa dari bakteri itu lebih menakutkan daripada yang lain," ujarnya.

Tingkat kotoran dan bakteri yang tinggi dapat disebabkan awak kabin tidak memiliki cukup waktu membersihkan pesawat secara menyeluruh di antara penerbangan. CBC melaporkan, para peneliti telah berbicara kepada beberapa pramugari dan perwakilan layanan pelanggan dari ketiga maskapai tersebut. Mereka mengaku tidak memiliki cukup waktu untuk mendesinfeksi seluruh interior pesawat dengan benar.

Menanggapi hal itu, Air Canada, West Jet, dan Porter semuanya kompak menjawab mereka telah mengikuti aturan kebersihan kabin yang berlaku di Kanada dan internasional. West Jet mengatakan semua pesawat miliknya dibersihkan setiap hari, diberi perawatan ringan setiap selesai melakukan penerbangan, lalu perawatan penuh setiap 24 jam. Mereka setiap bulan membersihkan interior kabin secara lengkap dan meningkatkan kondisi interior kabin yang termasuk dalam fokus perawatan setiap tahun.

 

Sumber:ROL/Foto:Youtube

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 19 November 2018 - 10:20 WIB

Ini Tempat Paling Kotor di Pesawat