Tren Kuliner 2019, dari Es Krim Hingga Koktail

Kuliner merupakan salah satu jenis industri yang diperkirakan tak akan lekang oleh waktu. Betapa tidak? Setiap tahunnya, dunia kuliner mengalami perubahan tren yang bervariasi. Pada 2018, misalnya, telur, susu, dan daging menjadi komponen-komponen yang paling sering digunakan. Jenis-jenis makanan ini pun berkembang seiring meningkatnya minat terhadap pola makan vegan dan vegetarian.

Bagaimana dengan prediksi tren kuliner 2019? Waitrose merilis daftar perkiraan berikut ini untuk Anda.

Es krim dengan berbagai rasa unik

Siapa yang tak suka es krim? Salah satu jenis pencuci mulut yang digemari sepanjang tahun ini akan mendapatkan popularitas lebih tinggi pada 2019. Para pelaku industri kuliner juga sepertinya sudah tidak takut lagi untuk bereksperimen dengan rasa. Di Jepang, misalnya, Anda bakal menjumpai es krim rasa wasabi yang notabene pedas dan ‘bertentangan’ dengan es krim tradisional yang rasanya manis. Bukan tidak mungkin Anda menemukan rasa-rasa ajaib lainnya di Indonesia.

Order Makanan dengan Teknologi

Setelah memesan kendaraan lewat aplikasi, sekarang giliran makanan dan minuman yang dapat Anda pilih dengan bantuan teknologi. Metode ini memang sudah lama diterapkan di negara maju seperti Amerika Serikat, tetapi baru berkembang di Indonesia pada 2018. Para ahli pun memperkirakan pada 2019, orang-orang akan cenderung mengandalkan smartphone mereka untuk memperoleh informasi seputar tempat makan, menu yang sedang hits, dan waktu tepat untuk menyantapnya.

Makanan dengan Cita Rasa Pahit

Tak dipungkiri kalau pahit menjadi rasa yang kurang digemari. Uniknya, para peneliti justru memberi prediksi kalau makanan dengan cita rasa tersebut bakal populer pada 2019. Anda yang sudah pernah mencoba Aperol spritz dan negroni mungkin tidak akan asing dengan tipe santapan pahit. Selain itu, bahan-bahan baku seperti dark chocolate dan kale bakal semakin diburu untuk meningkatkan sensasi pahit yang khas pada makanan.

Racikan Koktail yang menyehatkan

Gaya hidup sehat pada 2019 juga diperlihatkan dari racikan koktail yang selama ini dikenal sebagai minuman memabukan. Sejumlah restoran dan bar sudah meluncurkan beberapa jenis koktail yang lebih sehat dengan mengurangi kandungan alkohol dan gula di dalamnya. Dengan kata lain, orang-orang yang berusia 16 sampai 25 tahun dapat mengonsumsi koktail tanpa mencemaskan kandungan alkohol pada racikan minuman tersebut.

Bahan Alternatif Ramah Lingkungan

Tahun 2019 bakal didominasi dengan mulai banyak digunakannya bahan makanan alternatif, terutama yang dianggap ramah lingkungan. Susu dan Oat bakal menjadi pilihan utama. oleh Tepung yang terbuat dari kacang-kacangan atau gandum merah diprediksi bakal menggantikan tepung-tepung gandum. Bahkan, banyak kalangan yang akan beralih mengkonsumsi susu kambing ketimbang susu pasteurisasi. 

(sumber: berbagai sumber / photo image: unsplash.com)

Tags #Kuliner

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 14 Februari 2019 - 11:14 WIB

Ada 'Seoul' di Kota Kembang