Dua Fatwa MUI Tak Larang Umat Islam Ucapkan ‘Selamat Natal’

itoday - Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak pernah mengeluarkan fatwa tentang haramnya umat Islam mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani. Kabar yang menyatakan bahwa fatwa terkait hal itu pernah dikeluarkan MUI merupakan berita bohong (hoax).

Kalau tak percaya, buka saja laman resmi MUI (www.mui.or.id). Cara mencarinya mudah. Klik fitur ‘Produk’ dan kemudian tekan ‘Fatwa’. Di situ ada fitur pencarian (search). Masukkan kata kunci “Natal”. Anda hanya akan menemukan satu fatwa khusus tentang Natal.  Yaitu, fatwa tentang “Perayaan Natal Bersama”.

Fatwa ini dikeluarkan pada 7 Maret 1981 yang ditandatangani Ketua Komisi Fatwa MUI saat itu, KH. M. Syukri Ghozali. Fatwa ini setidaknya berisi dua poin. Pertama, “Mengikuti upacara Natal bersama bagi umat Islam hukumnya haram.” Kedua, “Agar umat Islam tidak terjerumus kepada syubhat dan larangan Allah Swt dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan Natal.”

Fatwa lainnya yang masih terkait Natal adalah “Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non-Muslim”. Fatwa ini masih tergolong baru. Dikeluarkan pada 14 Desember 2016 dan ditandatangani oleh Ketua Komisi Fatwa saat itu, Prof. Dr. H. Hasanuddin AF, MA.

Fatwa itu berisi dua poin. Pertama, “Menggunakan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram. Kedua, “Mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non-muslim adalah haram.”

Atribut keagamaan yang dimaksud fatwa itu adalah sesuatu yang dipakai dan digunakan sebagai identitas, ciri khas atau tanda tertentu dari suatu agama dan/atau umat beragama tertentu, baik terkait dengan keyakinan, ritual ibadah, maupun tradisi dari agama tertentu.

Selain berisi fatwa, keputusan MUI Nomor 56 Tahun 2016 ini juga memuat enam poin rekomendasi. Pertama, umat Islam agar tetap menjaga kerukunan hidup antara umat beragama dan memelihara harmonis kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa menodai ajaran agama, serta tidak mencampuradukkan antara akidah dan ibadah Islam dengan keyakinan agama lain.

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 24 Oktober 2018 - 16:36 WIB

Mengenal Ar-Rayah, Bendera Tauhid Umat Islam

Senin, , 26 Juni 2017 - 02:59 WIB

Trump Ucapkan Selamat Idul Fitri kepada Umat Islam