5 Jenis Produk yang Sering Masuk Daftar Belanja di E-commerce

Agenda Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada Desember 2018 yang diadakan beberapa e-commerce di Indonesia adalah salah satu bukti tingginya minat belanja masyarakat di dunia maya. Selain diskon melimpah, dilepasnya produk-produk premium seperti ponsel pintar sampai mobil dengan harga sangat miring jelas mengundang orang-orang untuk melakukan online shopping.

Lantas, produk apa saja yang paling laris dan sering dicari di e-commerce?

1. Gawai/gadget

Gawai atau gadget seperti ponsel dan laptop sudah dianggap kebutuhan dalam keseharian masyarakat luas. Faktor ini pula yang meningkatkan minat terhadap pembelian gadget murah, tetapi berspesifikasi canggih. Sejumlah e-commerce menilainya sebagai kesempatan bagus dan untuk menarik pembeli, mereka memasang harga yang lebih murah dibandingkan di gerai-gerai offline. Di sisi lain, konsumen juga harus memperhatikan reputasi dan profil merchant yang menjualnya.

2. Item-item fesyen

Fesyen, seperti halnya gawai, mengalami perubahan tren yang cepat dari tahun ke tahun. Hal ini yang menjadikannya item paling dicari di e-commerce mengingat permintaannya yang terus muncul dengan jenis berbeda. Sejumlah brand ternama memanfaatkan online shop untuk memasarkan produk mereka sekaligus melakukan branding awareness supaya nama mereka semakin dikenal. Pasar target fesyen pun sangat luas, dari anak-anak, dewasa muda, dewasa, hingga manula.

3. Alat-alat rumah tangga

Kategori produk selanjutnya yang paling banyak dicari di e-commerce adalah peralatan rumah tangga. Jenisnya cukup bervariasi seperti alat-alat masak, makan, hingga perangkat elektronik. Banyaknya merek yang menawarkan perabot rumah tangga kadang membingungkan konsumen, terutama kalau selisih harganya tak jauh berbeda. Dalam hal ini, calon pembeli harus memprioritaskan kebutuhan mereka supaya tidak salah membeli produk.

4. Produk kesehatan

Kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin tinggi ternyata meningkatkan penjualan produk kesehatan di e-commerce. Produk kesehatan yang dimaksud di sini adalah madu, ramuan tradisional, obat herbal, dan sejenis. Meski demikian, konsumen juga harus berhati-hati, sebab beberapa merchant ketahuan memasarkan produk yang belum mendapatkan sertifikasi BPOM dan Departemen Kesehatan. Jadi, pastikan obat yang dibeli dari e-commerce sudah melewati tes di laboratorium.

5. Produk kecantikan

Pembeli, terutama dari kalangan perempuan, perlahan mulai beralih ke e-commerce untuk mencari produk kecantikan favoritnya. Entah itu losion, krim wajah, suplemen, serum, bedak, dan lain sebagainya. Bahkan di e-commerce, ada beberapa produk kecantikan yang justru lebih mudah ditemukan secara online dibandingkan saat dicari di supermarket. Harganya yang lebih murah semakin membuat produk-produk kecantikan tersebut diincar konsumen.

Itulah 5 jenis produk yang paling sering ditelusuri orang-orang yang berbelanja di e-commerce. Selain memperhatikan merchant dan deskripsi produk, bandingkan juga harga, cara pembayaran, maupun pengiriman yang dipilih untuk mengantarkan pesanan ke tujuan. (sumber: berbagai sumber)

 

 

Tags #Shopping

Komentar

Artikel Terkait