Gaya Sandiaga Uno Promosikan Kuliner Warisan Sunan Kalijaga

Hasil gambar untuk gambar sandiaga uno

itoday - Sebagai salah satu Calon Wakil Presiden (Cawapres), Sandiaga Unomenjalani beragam kegiatan berkampanye. Seperti Jokowi, ia juga kerap mengunggah sederet potret yang mengabadikan kegiatannya di berbagai kesempatan. 

Misalnya saja saat ia berkunjung ke Demak, Jawa Tengah, baru-baru ini.  Pria yang akrab disapa Sandi ini menyempatkan diri berziarah ke makam Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijogo adalah seorang tokoh Wali Songo yang sangat lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, karena kemampuannya memasukkan pengaruh Islam ke dalam tradisi Jawa. Ia lahir di Cirebon dan dimakamkan di Kadilangu, Demak.

Di Demak, Sandi sempat bertemu dengan salah satu keturunan dari Sunan Kalijaga. Selain itu, ia juga mencoba sambil mempromosikan kuliner khas Kadilangu, yaitu Caos Dahar. Makanan ini konon menjadi hidangan kesukaan Sunan Kalijaga semasa hidupnya.

"Masakan yang melegenda ini berisikan nasi golong, urap daun mengkudu, trancam berbahan dasar terong dan kacang panjang, sayur bening daun kelor dan bubuk kedelai. Sedangkan lauknya yakni gereh petek bakar, pecel lele dan ingkung ayam jago," tulis Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto ini di akun Instagramnya pada 30 Januari 2019.

Nasi golong adalah nasi kepal yang dibuat bulat-bulat. Kuliner ini menyimbolkan pengharapan agar doa yang dipanjatkan terkabul.

Atas sajian itu, Sandi juga menuliskan merasa terhormat bisa diterima oleh keluarga Sunan. Ia pun memuji makanan khas Demak tersebut.

"Makanannya nikmat, apalagi dalam setiap jenis lauk yang dihidangkan punya filosofi. Ini harus dilestarikan dan lebih diperkenalkan kepada masyarakat, apalagi ini disebut racikan dari Sunan Kaijaga, makanan sehat membawa berkah," tulis Sandiaga Uno.

sumber berita / foto : Liputan6.com

 

Komentar

Artikel Terkait