Langkah Mudah Menjadi Wisatawan yang Bertanggungjawab

Ilustrasi

itoday - Hari bumi kerap dijadikan momen untuk berkampanye oleh berbagai kalangan tentang kondisi bumi yang memprihatinkan, meskipun sebenarnya banyak cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus menunggu hari bumi.

Sebagai seorang wisatawan, setidaknya ada beberapa adab yang harus dilakukan jika ingin lebih bertanggung jawab.

Mengutip lonely planet, Senin (22/4), berikut adalah beberapa langkah mudah untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab.


Bawalah botol minum sendiri


Meskipun tergolong cukup berat, namun langkah ini lebih ramah lingkungan ketimbang harus membeli air minum dalam kemasan. Perlu mendisiplinkan diri agar kebiasaan baik ini menjadi perilaku.


Konsumsi produk lokal


Jika sedang bertamasya ke tempat baru, maka utamakan mengonsumsi makanan dan minuman khas setempat. Namun akan lebih baik jika membeli produk buatan masyarakat, ketimbang gerai-gerai lokal yang sudah besar. Apalagi makanan yang dijual dengan embel-embel pesohor.

Perlambat waktu piknik


Satu-satunya cara untuk menikmati perjalanan adalah tidak tergesa mengakhirinya. Memperlambat ritme perjalanan adalah tindakan yang baik untuk mengetahui lingkungan sekitar, sekaligus mengasah rasa simpati.

Berinteraksi dengan hewan secara beradab


Adab dalam berinteraksi tak hanya berlaku terhadap manusia, namun juga dengan hewan. Untuk itu sebaiknya hindari memaksakan kehendak untuk mengambil foto diri bersama hewan.

Pilihlah layanan wisata yang ramah lingkungan


Untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, sebagian destinasi wisata telah mengusung konsep ekowisata. Jika ingin terlibat sebagai bagian dari perubahan, ada baiknya kunjungi tempat-tempat yang mengedepankan konsep ini ketimbang lokasi wisata yang padat.

Bijak menggunakan pesawat


Meskipun belum ada teknologi yang bisa mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari pembuangan pesawat, namun masih ada tindakan yang membawa kabar baik. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dari pesawat adalah memilih pesawat yang terbang langsung ke rute tujuan, ketimbang transit.

sumber berita : cnnindonesia / sumber foto : bisniswisata.co.id

 

Komentar

Artikel Terkait