Ini Albania, Negara Paling Toleran di Dunia

Albania Negara yang berada di Eropa bagian tenggara ini menjadi panutan dalam hal toleransi

itoday - Toleransi kini jadi barang mahal di masyarakat, apalagi urusan agama. Namun, ternyata toleransi dan pengertian menjadi kekuatan negara ini.

Ada sebuah negara di Balkan yang mungkin saja jarang untuk dilirik wisatawan Indonesia, Albania. Negara yang berada di Eropa bagian tenggara ini menjadi panutan dalam hal toleransi, seperti yang dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019).

Dari sejarahnya, Albania dulu menerapkan sistem pemerintahan komunis. Namun sekarang Albania didominasi oleh umat Islam sebagai mayoritas dan umat Kristen sebagai minoritas. Sedikit mirip Indonesia ya?

Yang membuat menarik kedua agama saling menghormati dan bisa hidup rukun satu sama lain. Bahkan Albania disebut sebagai negara paling toleran di dunia. Saking tolerannya, traveler bisa mendapati masjid dan gereja yang dibangun beriringan di jalan yang sama.


Pada tahun 2014 silam, Paus Francis turut memberi apresiasi perihal kerukunan antar agama saat berkunjung ke Ibukota Tirana di Albania. Fakta itu pun menjadi angin segar di tengah maraknya faham ekstrimis yang digunakan oleh sekelompok tertentu.

Kerukunan antar umat berbeda agama bukan cuma ada di Kota Berat tapi juga di Kota Malbardh yang juga berada di Albania. Beberapa tahun lalu, komunitas umat Muslim di sana sempat menggalang dana dan membangun Gereja Katolik yang telah hancur.

Di Museum Onufri di Kota Berat, bahkan terdapat sebuah karya yang menceritakan kerumunan orang Kristen dengan latar belakang minaret yang menyimbolkan kerukunan beragama.


Di Kota Leskovik yang terletak di antara perbatasan Yunani dan Albania juga terdapat sebuah tempat ibadah bersama yang dibangun dari reruntuhan Masjid yang hancur saat Perang Dunia II. Para umat Muslim dan Kristen setempat pun saling berbagi waktu untuk beribadah.

Aksi toleransi ini tidak begitu saja muncul. Masyarakat Albania dikenal suka berdebat dan berdiskusi, termasuk untuk urusan agama. Dari diskusi itu, tercipta saling pengertian antar agama di Albania. Sungguh harmonis.

Rasanya kita sebagai masyarakat Indonesia harus banyak belajar dari Albania ya. Saling pengertian, berdiskusi dan memberikan toleransi bisa jadi kunci dalam menjaga persatuan NKRI.

sumber berita :detikTravel.com / sumber foto : nusantaranews.co

Komentar

Artikel Terkait