Masuk Kerja Setelah Liburan, Lakukan 6 Hal Ini Agar Bersemangat

Ilustrasi kerja pasca liburan

itoday - Momen libur Lebaran telah usai bagi sebagian orang. Buat kamu yang sudah masuk kerja, lakukan 6 hal ini pasca liburan agar tetap semangat.

Libur dalam waktu yang lumayan lama kerap membuat seseorang mengalami post-holiday blues atau yang kita sebut sebagai depresi usai liburan. Biasanya penyakit ini banyak diderita kaum pekerja di awal-awal masuk kerja setelah liburan.

Tidak usah panik, itu merupakan hal yang normal dan dialami oleh banyak orang pasca liburan. Dihimpun Rabu (12/6/2019), kamu pun bisa melakukan 6 hal ini biar lebih semangat dan tetap produktif di kantor.


1. Olahraga

Liburan kerap kali membuat ritme badan berubah. Dari yang biasanya bangun pagi untuk kerja, jadi bangun lebih siang dan lebih mager. Hanya saja, jadi masalah kalau kamu sudah mulai beraktifitas kembali.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba berolahraga baik di pagi maupun sore hari. Tidak udah olahraga yang terlalu lama dan memakan waktu, aktifitas fisik sederhana di rumah saja juga sudah cukup.

2. Rencanakan liburan selanjutnya

Bagian terindah liburan itu tak selalu terletak pada liburan, melainkan momen menanti liburan itu. Menurut jurnal dari 'Applied Research in Quality Of Life' tahun 2010, merencanakan liburan terbukti dapat meningkatkan perasaan senang.

Walau kamu baru masuk kerja lagi, tak ada salahnya merencanakan momen liburan selanjutnya biar lebih semangat. Malah, sebuah situs bernama Travelzoo mengatakan kalau sekitar 69% pekerja melakukan riset untuk liburan mendatang di kantor.

3. Masak

Boleh percaya boleh tidak, tapi kegiatan masak bisa menghilangkan depresi pasca liburan. Coba deh kamu buat makanan yang kamu makan saat liburanmu yang lalu.

Selain bisa nostalgia rasa, juga bisa membuat kamu lebih rileks. Hitung-hitung mengasah keahlian memasak kamu di rumah.

4. Bebersih rumah

Pasca liburan, tentunya traveler membawa pakaian kotor yang dipakai saat liburan. Membersihkan isi koper dan pakaian yang dipakai saat liburan pun terbukti bisa mengurangi depresi pasca liburan.

Dengan membersihkan koper dan pakaian saat liburan, sekaligus menyadarkan diri kita kalau liburan telah usai. Waktunya kamu beberes dan kembali menghadapi realita. Bisa juga dengan bebersih rumah.

5. Pajang foto momen liburan

Saat liburan, tak jarang traveler mengambil banyak momen hangat saat traveling. Cobalah pilih beberapa yang jadi favorit kamu dan pajang di rumah.

Takut malah jadi bernostalgia? Tak usah takut. Melihat dan mengenang momen bahagia itu terbukti malah bisa meningkatkan mood. Asal jangan sampai baper saja ya traveler.

6. Relaksasi

Masuk pasca liburan, membuat badan kita lebih rileks dan santai. Celakanya, bawaan badan malah jadi malas kerja. Tenang, cobalah kamu relaksasi lebih dulu.

Caranya pun bermacam-macam, bisa dengan berendam di bathub, mandi berlama-lama di bawah shower, baca buku hingga ngopi di kedai kopi favorit. Bangun mood kamu pelan-pelan biar tetap semangat di awal hari-hari masuk kerja.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi depresi pasca liburan. Jangan kelamaan meratapi liburan yang telah usai. Waktunya kembali produktif.

Sumber berita : detikTravel.com / Sumber foto : suara.com

Komentar

Artikel Terkait