Ingat, Kendaraan Bermotor Bakal Dilarang Lewat Malioboro Setiap Selasa Wage

Jalan Malioboro

itoday - Setelah bebas pedagang kaki lima setiap Selasa wage, kawasan Malioboro juga bakal tak dilewati kendaraan bermotor pada waktu yang sama. Untuk itu, uji coba penataan transportasi diberlakukan pada Selasa pagi (18/6/2019).

Dalam akun Instagram Dinas Perhubungan DIY @dishubdiy, jalan sepanjang dua kilometer itu akan ditutup untuk kendaraan mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sebagai gantinya, warga diajak bersepeda.


Larangan melintas di Jalan Malioboro itu berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Namun, ada pengecualian untuk beberapa jenis kendaraan tertentu.

"Misalnya, kendaraan umum Transjogja, kendaraan tidak bermotor (andong, sepeda, dan becak), mobil pelayanan umum (ambulans, mobil pemadam kebakaran, kendaraan kebersihan Malioboro), serta kendaraan patroli kepolisian dan kendaraan dinas tertentu," tulis akun Instagram tersebut, Jumat, 14 Juni 2019.

Kebijakan bebas kendaraan itu mendapat beragam tanggapan. Beberapa warganet mendukung rencana itu, lainnya mempertanyakan solusi bila jalan di pusat wisata ditutup.

"Tolong pertimbangkan masyarakat yang rumahnya daerah Malioboro pak, yang arahnya searah seperti kawasan Dagen, Sosrowijayan, Pajeksan, dan lain-lain, kalau Jogja macet kita masih mau ngalah untuk bermacet-macetan, tapi kalau ditutup kita mau lewat mana pak? Betul kaya komen di atas, apakah kita harus mabur?" tulis seorang warganet.
Pedestrian Semakin Apik


Sebelumnya, Pemerintah DIY telah menata kawasan pedestrian di seputar Malioboro agar semakin nyaman bagi para pejalan kaki. Sejumlah bangku taman dari kayu diletakkan di beberapa sudut.

Belakangan, bangku-bangku itu jadi tempat favorit publik untuk berswafoto, termasuk oleh turis. Belum lagi penertiban lahan parkir yang biasanya di trotoar ke tempat yang semestinya.

Maliboro jadi favorit turis kala melancong ke Yogyakarta karena banyak destinasi wisata yang berdiri di sana, termasuk Museum Benteng Vredeburg dan Kampung Pecinan.

Sumber berita : liputan6.com / Sumber foto : naradatour.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 480 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 463 kali

Kambing Naik Alphard