Jawaban Menohok Dewi Praswida saat Dikritik karena Jabat Tangan Paus Fransiskus di Vatikan

Kisah Dewi, Mahasiswi Asal Semarang yang Fotonya Mendunia Karena Salaman dengan Paus

Itoday - SEORANG pelajar Muslim asal Indonesia Dewi Praswida jadi sorotan dunia. Belum lama ini, foto dia menjabat tangan Paus Fransiskus di Vatikan viral dan jadi polemik di ranah agama.

Ya, beberapa pihak diketahui banyak yang menyalahkan Dewi karena dia dinilai melakukan hal tak terpuji. Dewi menjabat tangan pria yang bukan mahramnya. Tidak hanya itu, beberapa pihak juga menyatakan kalau Dewi sudah dikristenisasi di Vatikan.

Isu ini tentunya didengar Dewi dan melalui Twitter, Dewi memberikan pernyataan resminya. Dalam akun @dewipraswida dia menjelaskan kalau dirinya harus angkat bicara terkait kejadian jabat tangan dengan Paus Fransiskus tersebut.

"Daripada diurapi sama Romo @KatloikG baiklah saya buatkan utas-utasan tentang kencan eh pertemuan ding dengan Sri Paus Fransiskus minggu lalu," tulis Dewi sebagai cuitan awal.

Kemudian, dalam Twitter resminya itu, Dewi menjelaskan kalau dirinya bisa ada di Vatikan karena beasiswa dan peristiwa pertemuannya dengan Paus Fransiskus adalah momen langka yang diberian padanya dan dia harus memanfaatkan itu.

"Saya bisa bertemu dengan Sri Paus Fransiskus karena saya mendapat beasiswa untuk studi dialog lintas agama dari pemerintah Vatikan, kemudian diakhir masa studi, saya diberi kesempatan untuk bertemu beliau di St. Peter Square," lanjut Dewi.

Dia tak memungkiri kalau Paus Fransiskus adalah sosok yang dia idolakan sudah lama. Bahkan, Dewi jujur kalau kejadian jabat tangan dengan Paus Fransiskus yang ramai itu adalah peristiwa kedua dalam hidupnya.

Mahasiswi asal Semarang itu juga menjelaskan bagaimana rasanya bisa menjabat tangan Paus. Apa katanya?

Dewi tak munafik, momen itu adalah salah satu momen yang membuat dirinya sangat senang. Dia menjelaskan juga betapa dirinya tak percaya sekaligus terharu dengan kejadian tersebut.

"Pas Paus ada di depanku, itu kayak terbata-bata, kayak mimpi wkwkwk lebay banget aku," tulisnya.

Dewi minta Paus doakan Indonesia

Di sisi lain, VOA Indonesia membuat beberapa pernyataan bergambar mengenai Dewi dan kejadian jabat tangannya tersebut. Dapat dilihat di sana, saat menjabat tangan Paus Fransiskus, dia meminta agar Indonesia didoakan oleh beliau.

"(Saya bilang) 'Saya Dewi, Muslim dari Indonesia, tolong doakan saya dan perdamaian di Indonesia.' Dan Paus menjawab 'Ya, tentu saya doakan," kata Dewi dalam foto tersebut.

Sementara itu, karena foto tersebut tersebar luas di seluruh dunia, banyak kemudian komentar yang datang kepadanya terkait jabat tangan bukan mahramnya tersebut. Bahkan, Dewi dituduh "sudah dikristenisasi".

Menyikapi tindakan tersebut, Dewi pun bersikap bijak dengan tidak membahasnya terlalu dalam. "Saya tunjukan saja bahwa pertemanan saya dengan orang Kristen atau agama apa pun, tidak akan menggoyahkan keimanan saya pada Islam," terangnya.

 

sumber berita : okemuslim / foto : tribunnews.com

Komentar

Artikel Terkait