Manfaat Sedekah, Perlancar Rezeki hingga Bayar Utang Rp 1 Miliar

Hasil gambar untuk foto orang bersedekah

Itoday - Manfaat sedekah banyak bagi kehidupan manusia. Sedekah berarti memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerima, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah.

Orang yang melakukan sedekah akan mendapatkan balasan yang tak terhingga dari Allah SWT. Begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan di dalam kehidupan ketika kita melakukan sedekah.

Hal serupa dirasakan oleh Mulan. Wanita yang tertipu oleh sahabatnya sendiri yang membawa kabur seluruh uang modal usaha sebesar Rp 1 miliar.

Awalnya, Mulan membangun usahanya dengan sahabat dekatnya itu. Namun tak disangka, sahabatnya kabur begitu saja dan membawa kabur semua uang modal usahanya. Sebagian modal usahanya masih dalam status pinjaman bank dan nominalnya pun cukup besar. Mau tak mau Mulan yang harus menanggung utang tersebut.

Mulan pun merasa hidupnya telah hancur. Ia juga dipenuhi rasa kecewa dan pikirannya pun runyam. Untungnya ia memiliki dua teman yang selalu menemani dan mendukungnya untuk bangkit dari keterpurukan. Hingga akhirnya ia berserah diri kepada Allah SWT dan terus berdoa kepada-Nya.

"Pokoknya semenjak itu saya enggak pernah putus dari salat lima waktu. Setelah dengar azan saya langsung salat. Saya juga enggak pernah absen salat tahajud dan dhuha. Setelah Subuh juga saya langsung lanjut baca Alquran," terang Mulan kepada Okezone pada Kamis (4/7/2019).

"Dan yang terpenting sedekah. Saya enggak pernah lupa untuk bersedekah. Setiap hari saya sisihkan uang saya untuk sedekah. Kalau lagi banyak rezeki, ya saya kasih banyak. Kalau emang lagi enggak punya uang, saya tetap sisihkan walaupun cuma seribu perak," tambahnya.

Mulan mengaku, setiap sedekah tak pernah suudzon. Sekarang banyak pengemis yang pura-pura. "Namun saya tak pernah memikirkan hal itu."

Intinya sedekah niatnya tulus karena Allah. "Mau ternyata pengemisnya itu orang kaya atau apa. Hal yang penting niat saya sedekah untuk membantu dia."

Selama ini ia selalu bersedekah walaupun masih memiliki utang. Bukan berarti ia tidak mau melunaskan utang-utangnya. Menurutnya sedekah akan membukakan pintu rezeki dan rezeki yang akan selalu datang pada siapapun yang mau membantu orang lain.

Tak lama kemudian, ia merasakan keajaiban dari sedekahnya itu. Hidupnya berubah. Usaha ikan hiasnya selalu ramai. Bahkan banyak sekali pembeli yang memborong ikan-ikan hiasnya. Ia pun kini punya kolam untuk usahanya sendiri hingga akhirnya sedikit demi sedikit utangnya pun lunas. Kini ia sudah tidak memiliki pinjaman lagi di bank.

"Ada hikmah yang saya rasakan setelah saya ditipu Rp 1 miliar. Selama ini saya terlilit utang, tapi karena sedekah Alhamdulillah semuanya dilancarkan. Bahkan diganti berkalilipat sama Allah," terang Mulan.

 

sumber berita : okemuslim / foto : islamedia.id

Komentar

Artikel Terkait