5 Tipe Wisatawan Indonesia, Anda yang Mana?

Ilustrasi Wisatawan

itoday - Liburan dan traveling sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat urban, terutama generasi milenial. Banyak orang berani mengumpulkan dan merogoh kocek besar untuk mengunjungi berbagai tempat wisata.

Ada banyak pilihan tempat liburan menarik baik di dalam maupun di luar negeri. Saat berwisata, setiap orang pasti sudah memiliki preferensi dan cara masing-masing. Ada yang ingin pergi ke pantai, gunung, pusat keramaian, tidur di alam terbuka, atau bahkan sekadar bersantai di hotel yang mewah.

Tak hanya beragam tujuan dan kegiatan wisata, tipe wisatawan pun juga beragam. Wajar saja karena kepribadian tiap orang memang berbeda. Menurut laman Pesona Indonesia, ada lima tipe wisatawan Indonesia secara umum. Anda termasuk tipe yang mana?


Solo Traveler

Tipe wisatawan ini memiliki kemampuan untuk belajar cepat saat mereka berpetualang baik di dalam negeri maupun ke luar negeri yang kebudayaan dan bahasanya berbeda.

Karakter utama mereka dalam melakukan traveling sendiri adalah harus memiliki kemampuan cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan yang akan dikunjungi.

Solo traveler bahkan suka keluar dari zona nyaman dan lebih senang berkunjung ke tempat-tempat yang menantang adrenalin dan bukan tempat ramai turis. Tipe ini biasanya penuh rasa ingin tahu dan nyaman jika harus berwisata sendiri.

Wisatawan Berkelompok

Liburan bersama kelompok atau keluarga biasanya jadi cara terbaik untuk traveling. Beberapa wisatawan memutuskan untuk berlibur dengan kelompoknya, selain menyenangkan karena ramai juga bisa lebih murah ketika berlibur.

Alasan utamanya, ada beberapa tur atau paket wisata yang memberikan paket kelompok dengan harga lebih terjangkau. Selain itu, bisa juga dengan berbagai kamar ketika berkunjung ke suatu tempat.


Penjelajah Budaya


Ada beberapa wisatawan yang gemar mencoba hal baru dengan penduduk lokal. Seperti menjelajah dan megenal budaya-budaya masyarakatnya. Tipe wisatawan ini sangat suka dan tertantang mencari hal-hal yang tidak diketahui dengan mengunjungi langsung tempat yang ingin dituju.

Biasanya tipe wisatawan ini akan ikut serta dalam beberapa festival lokal acara kebudayaan dan mengunjungi tempat kuno dan antik seperti museum dan bangunan bersejarah.

Food Traveler

Wisatawan ada juga yang lebih senang mencicipi makanan khas di setiap daerah atau tempatyang ia kunjungi. Mereka ini biasanya disebut melakukan wisata kuliner.

Wisatawan tipe ini akan mengunjungi tempat dengan berbagai macam pilihan makanan, dan mencari makanan khas lokal atau yang terbilang unik dan beda dari tempat lain. Selain itu, Food Traveler juga suka mencari restoran yang sangat populer dengan menu terbaiknya.

Wisatawan Mewah

Berbeda dari kebanyakan wisatawan lainya yang menekan dan menghemat pengeluaran saat liburan, para wisatawan mewah justru sebaliknya. Tipe wisatawan ini tidak peduli dengan pengeluaran yang dikeluarkan untuk pergi ke tempat wisata.

Mereka lebih mengutamakan kenyamanan selama perjalanan bahkan di tempat wisata. Mereka bersedia mulai dari menyewa mobil mewah, makan di restoran yang high class, berbelanja di mal, menikmati spa dan fasilitas mewah lainnya demi kenyamanan.

Sumber berita : liputan6.com   Sumber foto : suara.com

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 16 Agustus 2019 - 15:22 WIB

5 Fakta Denmark, Negara Paling Anti Korupsi

Rabu, , 10 Juli 2019 - 16:16 WIB

5 Tipe Wisatawan Indonesia, Anda yang Mana?

Telah dilihat : 480 kali

Wawancara yang Aneh - Pak Leman Eps #3

Telah dilihat : 463 kali

Kambing Naik Alphard