5 Rahasia Taman Ueno

Taman Ueno juga merupakan salah satu tempat menikmati piknik mekar Bunga Sakura (hanami) paling populer di Tokyo

itoday -  Ueno adalah sebuah taman umum yang terletak di sebelah Stasiun Ueno, Tokyo. 

Taman Ueno juga merupakan salah satu tempat menikmati piknik mekar Bunga Sakura (hanami) paling populer di Tokyo, dengan lebih dari 1.000 pohon sakura berjajar di dalamnya. 

Namun wisatawan kerap dibuat kebingungan oleh beberapa hal saat berkunjung ke sini. 

Mengutip live japan, Senin (19/8), berikut adalah lima rahasia terkait Taman Ueno.

Asal mula

Taman Ueno dulunya adalah wilayah vihara Kan'ei-ji. Diperkirakan status taman dimulai saat ada yang membuka vihara Kan'ei-ji, mengambil sakura dari Kyoto dan menanamnya di dalamnya. Petunjuk ini bisa dilihat dari sebuah makam shogun (jenderal) di Kan'ei-ji.

Patung di pintu masuk

Ada hal yang menarik ketika mengunjungi Taman Ueno yaitu sebuah patung tembaga berbentuk orang yang membawa anjingnya. Sosok itu adalah Takamori Saigo, seorang samurai Jepang terkenal yang aktif pada abad ke-19. Ia dikenal suka berburu sambil membawa anjing kesayangannya.

Penyebutan Gunung Ueno

Sebagian warga Tokyo menyebut taman ini dengan Ueno no Yama (Gunung Ueno), padahal di sini tidak ada gunung. Hal ini diperkirakan berasal dari area gundukan yang disebut Ueno-dai (Pijakan Ueno), hingga akhirnya disebut Gunung Ueno.

Kisah sedih wajah patung Budha

Ada sebuah wajah patung Budha berukuran besar di kawasan ini yang kerap membuat bingung banyak orang. Patung ini dulunya adalah patung yang lengkap dengan tubuh, degan tinggi sekitar enam meter. Patung ini diperkirakan dibangun pada tahun 1631. Namun karena bencana gempa bumi yang melanda kawasan ini, patung tersebut akhirnya roboh dan hanya menyisakan wajahnya saja.

Shinobazu Pond

Nama pulau yang mengapung di Shinobazu Pond adalah Nakanojima. Meski saat ini sudah terhubung dengan jembatan, awalnya tempat ini hanya dapat dijangkau dengan kapal penyeberangan. Di tempat ini Dewa Benzaiten sangat dihormati karena dipercaya dapat memberkahi kehidupan seseorang dengan ilmu, seni, harta, dan jodoh.

 

Sumber berita : cnn indonesia  /  Sumber foto : globalkomunika.com

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 20 Agustus 2019 - 13:24 WIB

5 Rahasia Taman Ueno