Koin Emas Islam Terlangka di Dunia Bertuliskan Syahadat Dijual Rp27 Miliar

itoday - Salah satu koin emas Islam terlangka dan paling berharga di dunia akan dilelang di London, Inggris, pada 24 Oktober mendatang, dengan taksiran harga USD1,72 juta sampai USD1,97 juta atau sekira Rp24 miliar hingga Rp27,7 miliar (kurs Rp17,323). Koin emas bertuliskan kalimat syahadat ini berukuran mungil sebesar uang koin Poundsterling.

Dikutip dari Tradearabia, koin emas islam ini bernilai tinggi karena karena menjadi mata uang dinar Ummayyad sejak 105 Hijriah atau 723 sebelum Masehi.

Hal tersebut sebagaimana tercatat pada surat Ma’din Amirul Mukminin yang diterjemahkan sebagai "Mine of the Commander of the Faithful." Koin emas dinar tersebut jug dibuat dari emas yang ditambang di lokasi yang dimiliki oleh Khalifah sendiri.

Sebagai penerus Nabi Muhammad, Khalifah adalah jabatan penting. Dia adalah pemimpin agama sekaligus penguasa politik tertinggi dari negara Islam, menjadikan ini sumber utama bagi peninggalan Islam mana pun.

Poin lain yang membuat koin emas ini berharga tinggi adalah legenda Bil Hijaz yang menegaskan bahwa tambang emasnya berasal dari Hijaz. “Lokasinya di antara Makkah dan Madinah, di barat Arab Saudi saat ini,” kata juru spesialis lelang Morton & Eden.

Komentar

Artikel Terkait