Daftar Anyar Paspor Terkuat di Dunia, RI Posisi Berapa?

Ilustrasi Paspor

itoday - Henley Passport Index telah merilis daftar anyar paspor terkuat di dunia. Jepang dan Singapura ada di posisi teratas. Bagaimana dengan Indonesia?

Daftar anyar itu dirilis per 1 Oktober seperti dilihat dari www.henleypassportindex.com. Jepang dan Singapura menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia, salah satu indikasinya adalah bahwa paspor mereka menawarkan akses bebas visa ke 190 negara.

Finlandia, Jerman, dan Korea Selatan menempati posisi berikutnya dalam daftar paspor terkuat di dunia dari Henley Passport Index. Pemegang paspor dari ketiga negara tersebut menawarkan akses bebas visa ke 188 negara.

Denmark, Italia, dan Luksemburg menjadi tiga negara di posisi ketiga (187) dengan diikuti oleh Prancis, Spanyol, dan Swedia (186). Austria, Belanda, dan Portugal (185) melengkapi lima besar dalam daftar ini.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Henley Passport Index mencatat paspor Indonesia ada di posisi ke-73 dalam daftar paspor terkuat dunia saat ini. Pemegang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke-70 negara.

Pada posisi tersebut, paspor Indonesia memiliki kekuatan yang sama dengan Zambia. Di satu posisi lebih baik ada paspor China dan Kenya dengan akses bebas visa ke-71 negara.

 

Sumber berita : detiktravel.com    /   Sumber foto : viva.co.id

Komentar

Artikel Terkait