Cara Tepat Beli Sneakers

Ilustrasi Memilih sneakers yang tepat untuk kaki Anda bukan hal yang mudah

itoday - Memilih sneakers yang tepat untuk kaki Anda bukan hal yang mudah. Ini bukan soal modelnya, tapi soal bagaimana memilih ukuran dan juga kenyamanan di kaki.

Ingat, sepatu ini bukan bakal Anda pakai untuk gaya saja tapi juga bakal dipakai untuk berolahraga sehingga butuh kenyamanan ekstra agar tak cidera.

"Bahkan sebenarnya beda olahraga juga beda kebutuhan sepatunya. Tapi tentunya berat juga kalau harus punya sepatu untuk tiap-tiap jenis olahraga," kata Avicenna Jatikusumo, retail trainer Adidas Indonesia saat peluncuran city sneakers PulseBoost HD beberapa waktu lalu.

Lalu apa yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan sempurna ketika memilih sepatu untuk olahraga.

1. Kenali kebutuhan

"Anda perlu tahu kebutuhan Anda apa. Kalau butuh untuk lari, lari yang seperti apa," kata Avicenna kepada CNNIndonesia.com.

"Apakah lari buat jarak pendek atau jarak jauh, atau buat jalan, dan lainnya."

Dia mengungkapkan bahwa sebenarnya kebutuhan kaki untuk beda tiap olahraga itu sangatlah berbeda. Kaki, secara umum butuh suppport yang memadai. Pada sepatu lari jarak pendek misalnya, support dan kestabilan sepatu juga akan berbeda dengan lari jarak panjang.

Sol bawah sepatu juga biasanya akan berbeda sesuai dengan 'lahan' yang dipijak. Model sol zigzag dan bergerigi biasanya dibuat untuk jalanan yang tak rata dan licin untuk meminimalkan risiko terpeleset dan cedera.

2. Kenali tipe kaki

Setiap orang punya bentuk dan mungkin masalah kakinya sendiri-sendiri. Sebelum memilih sepatu, ada baiknya untuk mengenali tipe kaki Anda.

Secara umum, kaki manusia memiliki tipe float (flat fleet), high arch, dan normal.

Mengenali tipe kaki, kata dia, akan berpengaruh pada kenyamanan si pemakai sendiri. Pasalnya salah pilih sepatu bakal membuat kaki jadi tak nyaman dan berisiko cidera.


Kaki flat feet dan high arch umumnya membutuhkan support ekstra ketika memilih sepatu. Ini tak cuma berlaku untuk sepatu sneakers saja, tapi juga untuk semua sepatu.

3. Beli saat siang sampai malam

"Kalau beli sepatu itu biasakan di antara siang sampai malam hari. Jangan pagi hari," ucapnya.

Dia mengungapkan membeli sepatu sebaiknya dilakukan setelah melakukan beragam aktivitas. Ini akan membuat kaki benar-benar mengembang sempurna.

4. Pilih yang sesuai jenis kelamin

Sekilas sneakers mungkin terlihat sama untuk laki-laki dan perempuan. Namun jangan main asal pilih karena mungkin model sneakers pria terlihat lebih keren.

"Kaki pria dan wanita itu beda. Para wanita biasanya punya tipe kaki high arch dan akan tak nyaman kalau pakai sepatu pria yang cenderung kebanyakan flat feet."

 

Sumber berita : cnn indonesia

Sumber foto    : liketonowit.com 

Komentar

Artikel Terkait