Ini Kota yang Punya Situs UNESCO Terbanyak di Dunia

Kota Cordoba di Spanyol

itoday - Sebuah kota di Spanyol menjadi unik karena punya situs warisan dunia UNESCO lebih dari satu. Bahkan tercatat sebagai kota dengan situs terbanyak dunia.

Situs warisan dunia UNESCO menjadi salah satu magnet bagi wisatawan dalam suatu daerah. Bukan hanya tempat yang cantik, situs UNESCO juga menyajikan sejarah penting.

Salah satu kota di Spanyol menjadi spesial karena kehadiran situs UNESCO. Cordoba. Kalau kota-kota lain punya satu atau dua, Cordoba punya empat sekaligus.

Diintip detikcom dari berbagai sumber, Cordoba punya 3 situs dan satu tradisi unik. Untuk lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.

1. Masjid Katedral

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Katedral di Cordoba? Masjid Katedral merupakan bangunan bersejarah yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO untuk pertama kali. Masjid Katedral masuk pada tahun 1984.

Dulunya, Masjid ini dibangun pada tahun 784-786. Kemudian, bangunan ini dialihfungsikan sebagai katedral pada abad ke-13. Karena saat itu agama kristem mulai masuk ke kota ini.

2. Historic City Center

Ada sentuhan unik ketika wisatawan datang ke Cordoba. Budaya Arab, Roma, dan kristen memberikan kekayaan dalam tata bangunan dan kota Cordoba.

Adalah Historic City Center yang jadi pusat pemerintahan kerajaan Arab sebelum ditempati oleh kerajaan Spanyol. Kawasan ini terdiri dari Masjid Katedral dan Kastil Alcazar.

Situs warisan dunia UNESCO memasukkan History City Center ke dalam daftarnya pada tahun 1994. Kawasan ini pun resmi dilindungi dan dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

3. Festival Patios

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Cordoba bukan cuma punya tempat bersejarah tapi juga festival unik. Namanya adalah Festival Patios.

Festival Patios sudah berlangsung sejak tahun 1918. Dalam festival ini, tiap rumah akan memamerkan keindahan tanamannya lewat balkon. Terbayang sudah keindahan kota ini!

Kegiatan ini terus dilakukan, hingga akhirnya UNESCO memasukkannya dalam daftar warisan dunia pada tahun 2012. Festival Patios diadakan pada bulan Mei setiap tahunnya.

4. Medina Azahara

Inilah situs warisan dunia terbaru di Kota Corboda, Media Azahara. Medina Azahara adalah reruntuhan kota tua yang dibangun pada tahun 936-976.

Kota ini dulu dibangun oleh pendatang Arab. Adanya reruntuhan ini jadi bukti bahwa islam berkembang di Spanyol dari Cordoba.

Meski sudah jadi reruntuhan, namun wisatawan bisa melihat ukiran megah dengan sentuhan budaya Arab. Detail seni dan keindahan timur tengah begitu kental dalam Medina Azahara.

Fakta menarik lainnya adalah angka kunjungan wisatawan Cordoba yang kecil. Karena dikenal sebagai kota kecil, Cordoba sering dilewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Spanyol.

Kebanyakan dari wisatawan hanya berkunjung ke Barcelona atau Madrid. Padahal kota cantik ini punya banyak sudut menarik untuk disambangi. 

 

Sumber berita : detik travel

Sumber foto    : hayatuntour.com

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 31 Oktober 2019 - 12:46 WIB

Ini Kota yang Punya Situs UNESCO Terbanyak di Dunia

Senin, , 01 Juli 2019 - 06:57 WIB

Spanyol Juara EURO U-21 2019