Serunya Arung Jeram di Sungai Aceh Tengah

Arung jeram di Gayo Adventure

itoday - Kota dingin Aceh Tengah, Aceh menyimpan beragam objek wisata. Salah satunya, arung jeram yang dapat memacu adrenalin. Seru pastinya!

Untuk menikmati permainan air ini, traveler yang berada di Takengon, Aceh Tengah, Aceh dapat mencobanya di Gayo Adventure. Lokasi ini terletak di jembatan Lukup Badak atau sekitar 7,5 kilometer dari pusat kota.

Jika traveler susah mendapatkan alamatnya, lokasi operator wahana rafting ini terletak sekitar satu kilometer dari lapangan pacuan kuda Gayo, HM Hasan Gayo Belang Bebangka Pegasing. Begitu sampai di jembatan, traveler menengok ke bawah dan menemukan tempat pendaftaran.

Ada tiga paket arung jeram yang ditawarkan. Pertama yaitu Fun Rafting 01 yang cocok untuk traveler yang datang bersama keluarga atau pemula. Untuk kategori ini, satu perahu memuat enam peserta ditambah satu pemandu.

Jalur yang ditempuh yakni jembatan Lukup Badak Pegasing hingga finish point Jembatan Sanehen. Grade sungai yang dilalui hingga sejauh 4,5 kilometer dengan waktu tempuh 30-45 menit. Sungai yang dilewati merupakan sungai Peusangan yang berhulu dari Danau Lut Tawar.

detikTravel mencoba paket Fun Rafting 01 bersama jurnalis di Banda Aceh di tengah guyuran hujan. Arus sungai pada titik start tidak terlalu kencang namun setelah perjalanan tantangan sudah mulai terasa.

Pemandu beberapa kali mengarahkan perahu karet ke rintangan seperti akar pohon serta ranting pohon yang menghadap sungai. Selain itu, ada juga jembatan rendah sehingga membuat peserta harus tiarap atau menunduk.

Selain melewati rintangan, keseruan mengarungi sungai dapat dinikmati dengan 'berperang' melawan perahu karet lain. Peserta diperbolehkan menyiram air ke perahu karet milik lawan.

Tak hanya itu, traveler yang mencoba arung jeram ini juga disuguhi pemandangan indah selama pengarungan. Di antaranya, traveler melihat aktivitas pencari ikan, persawahan, kebun kopi, palawija, kincir air dan ada lokasi aman untuk mandi mengapung di sungai.

Begitu tiba dititik finish, traveler turun dari perahu dan dijemput dengan mobil kijang. Nah, berada di mobil ini juga memacu adrenalin. Soalnya, satu mobil dinaiki hingga 17 orang.

"Arung jeram ini asik, seru dan yang pasti sangat cocok untuk menguji adrenalin," kata seorang pengunjung asal Banda Aceh Fatmawati kepada detikTravel.

Untuk mencoba arung jeram kategori ini, traveler harus merogoh kocek Rp 60.000/orang atau minimal 4 orang per perahu. Fasilitas yang diberikan yakni life jacket, helm, dry bag, paddle.

Bagi traveler yang belum pernah mencoba arung jeram, cocok untuk mencoba kategori ini. Setelah puas bermain air, siap-siap sakit bahu jika tidak biasa.

Sementara untuk kategori kedua yakni moderate trip brawang mejin. Arus sungai yang dilewati dengan grade 1 hingga 3 dengan pilihan starting point di Uning, Paya Nahu dan Pendere dengan finish point Lukup Badak.

Satu perahu karet berkapasitas enam orang saat musim hujan dan empat orang ketika kemarau. Biaya yang harus dikeluarkan untuk kategori ini yaitu dari Uning-Lukup Badak (3 Km) Rp100 ribu/orang, Paya Nahu-Lukup Badak (3,5 Km) Rp110 ribu/orang, Pendere-Lukup Badak (4,2 Km) Rp120 ribu/orang. Satu perahu minimal dengan 3 orang penumpang.

Sementara kategori ketiga Moderate Trip Gantung Langit. Wisatawan akan mengarungi sungai Peusangan sejauh 2,5 Kilometer. Start Point di Sagi Indah-Wih Bakong dan Finish Point di Jembatan Gantung Langit.

Grade sungai yang dilalui antara Grade 2-3+, dan saat musim hujan bisa mencapai Grade 4. Wisatawan yang mencoba kategori ini dikenakan biaya Rp 150 ribu perorang. Untuk satu perahu minimal tiga orang perpenumpang.

Tertantang untuk memacu adrenalin, yuk mencoba rafting di Aceh Tengah!

 

Sumber berita : detik travel

Sumber foto    : gayoadventure.com

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 31 Oktober 2019 - 15:38 WIB

Serunya Arung Jeram di Sungai Aceh Tengah

Kamis, , 21 Februari 2019 - 11:56 WIB

Jokowi Dituntut Minta Maaf Pada Prabowo