4 Fakta Celana Cingkrang, dari Era Michael Jackson hingga K-Drama

Tren Celana Cingkrang

itoday - Celana cingkrang atau celana ngatung ternyata menjadi tren di kalangan pria dan juga wanita. Celana ngatung dalam bahasa mode dikenal dengan nama high water pants.

Celana cingkrang mendadak kembali menjadi trending karena Menteri Agama Fachrul Razi memunculkan wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah.

Padahal dalam dunia fesyen, celana cingkrang atau high water pants sudah dikenal sejak lama. Gaya ini terinspirasi dari celana yang digunakan anak laki-laki yang tinggi tetapi celana panjangnya terlalu pendek untuk mereka pakai.

Berikut beberapa hal tentang celana cingkrang di dunia fesyen yang menarik kamu ketahui:

1. Sejak Tahun 1850-an

Celana ngatung sudah dikenal sejak tahun 1850-an. Celana high water atau celana ngatung dianggap sebagai sebuah kesalahan berbusana dan dikaitkan dengan orang-orang yang tidak memiliki selera busana yang baik.

2. Dicetuskan oleh Desainer

Celana Cingkrang kembali diperkenalkan tahun 2004. Thom Browne, desainer yang memperkenalkan kembali celana ngatung menjadi mode. Dikutip dalam CNN Indonesia, Browne mengungkapkan bahwa celana ngatung yang berpotongan langsung di atas mata kaki ini ditujukan untuk memperlihatkan sedikit bagian kaki.

3. Dijuluki Celana 'Aman'

Ternyata ada tujuan untuk mengenakan celana cingkrang. Celana ngatung juga dikenal sebagai flood pants atau flooders. Nama ini terinspirasi dari kata 'aman'. Dengan mengenakan celana cingkrang penggunanya tak basah saat terjadi hujan atau genangan air.

4. Booming di Berbagai Negara

Baru-baru ini, celana model cingkrang populer di Indonesia hingga Korea. Salah satu ikon fesyen celana cingkrang adalah Michael Jackson. Di Hong Kong, Edison Chen juga termasuk ikon yang memperkenalkan celana cingkrang. Ia menggulung celananya yang panjang supaya terlihat lebih pendek.

Boomingnya K-Drama di Indonesia juga membawa perkembangan model celana cingkrang makin dikenal luas. Orang-orang Korea memadukan celana cingkrang dengan sepatu bertali tanpa kaus kaki.

Di Indonesia juga kini sudah banyak fesyen celana cingkrang yang diikuti kaum pria dan wanita.

 

Sumber berita : detik fashion

Sumber foto    : sabigaju.com

Komentar

Artikel Terkait