Tenun Ecoprint Bakal Hits Tahun Ini

Kain tenun Indonesia (Foto: Google Image)

 

itoday - Kain tenun yang merupakan khasanah wastra Indonesia memiliki beragam jenis dan warna. Tak hanya tenun, kini juga banyak inovasi dalam memperindah kain yang berbahan dasar kapas tersebut.

Sebut saja tenun cetak dengan cara, bahan dan pewarnaan alami atau yang biasa disebut ecoprint bakal hits untuk tahun ini. Lantas seperti apa perwujudan dari tenun ecoprint tersebut?

Sebagaimana dijelaskan seorang desainer etnik yang telah melanglang buana untuk memperkenalkan tenun, Dian Oerip, kini Indonesia memiliki tren tenun terbaru dengan motif yang dicetak secara alami.

“Kalau tahun lalu boleh teknik subori yang sebenarnya merupakan teknik dari Jepang yang diaplikasikan pada kain jumputan menjadi hits, kini ada yang terbaru namanya ecoprint. Teknik ini menggunakan bahan alami seperti dedaunan atau bunga yang bertangkai,” beber Dian kepada Okezone di Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, ecoprint merupakan teknik yang menempelkan dedaunan atau bunga yang memiliki tangkai pada kain tenun lalu dikukus hingga daun menempel untuk mendapatkan motif dengan cara alami.

“Ecoprint itu dicetak di kain tenun polos lalu daun-daun yang ada ditempel lalu dikukus, nah saat kering itu seperti diprint karena warna alami dari tumbuhannya itu keluar, jadi pas kering daunnya diangkat hasilnya lebih hidup dedaunannya,” jelasnya.

Ini merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Hanya saja pengrajin yang melakukan ini baru di sekitar wilayah Jawa Tengah.

“Ecoprint masih di sekitar Jawa tengah kebanyakan. Mudah diproduksi dan murah, makanya diprediksi menjadi tren. Kreatif enggak usah mahal, yang dibutuhkan hanya ide, bukan?” pungkas desainer asal Ngawi, Jawa Timur ini.

Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 27 Januari 2017 - 14:22 WIB

Tenun Ecoprint Bakal Hits Tahun Ini

Telah dilihat : 1484 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1434 kali

sahabat total episode 1