Valentine 2017: Monumen Cinta, Ini Isi Puisi Sir Thomas Raffles pada Istrinya

Monumen Cinta di Kebun Raya Bogor (Foto: Tentry/Okezone)

 

itoday - Hari Valentine 14 Februari merupakan momen yang pas untuk mengajak kencan kekasih ke Kebun Raya Bogor. Momen ini sekaligus Anda dan pasangan mengunjungi keberadaan Monumen dan puisi untuk Lady Raffles di Kebun Raya Bogor. Romantis bukan? Lantas apa sih isi dari puisi tersebut dan apa maknanya?

Okezone beberapa waktu lalu menyambangi prasasti mendiang istri dari Thomas Raffles yakni Olivia Mariamne atau Lady Rafflesia. Thomas sengaja membuat puisi untuk istrinya, bukti dari cintanya terhadap sang istri.

Displaying IMG-20170214-WA0003.jpgDi setiap ritme dalam bait yang dituangkan di atas sebuah prasasti pastinya bakal menyentuh hati yang membacanya. Meskipun, tulisannya terdiri dari bahasa Belanda, namun jika memahami bahasa Indonesianya, puisi itu seperti puisi karya Shakespeare yang sudah terkenal romantis.

Monumen itu begitu kecil, dan terdiri dari pilar-pilar kokoh dengan atap berbentuk kubah. Di bagian dalam, ada patung Lady Raffles yang di bawahnya bertuliskan puisi romantis yanh diukirkan Sir Thomas Raffles.

Oh thou whom neer my constant heart ;

(Kamu yang selalu berada di hatiku)

One moment hath forgot ;

(Tak pernah sedikitpun kulupakan)

Tho fate severe hath bid us part ;

(Walaupun takdir memisahkan kita)

Yet still – forget me not

(Janganlah pernah lupakan aku)

Begitulah bunyi puisi cinta yang diberikan Sir Raffles untuk istri tercintanya. Bait romantis itu tak hanya bermakna untuk Sir Thomas tetapi juga bagi masyarakat pribumi saat masa penjajahan. Lady Raffles lah yang menjadi sosok pahlawan reformasi sosial di Pulau Jawa atau Hindia Belanda

Sebab, di masa kolonial, wanita Belanda tak mau menyatu dengan orang pribumi. Dan, menilai diri mereka punya strata lebih tinggi dibandingkan pribumi. Hal itu membuat Lady Raffles tersentuh dan ingin menyatukan kedua ras tersebut.

Sehingga, ia mengadakan banyak perkumpulan yang mengundang beragam etnis di Tanah Air. Sejak adanya perkumpulan tersebut, orang Belanda sudah mulai bersahabat dengan pribumi, bahkan di antaranya juga ada yang menjalin percintaan.

Perjuangan Lady Raffles dalam reformasi sosial itu merupakan bentuk dukungan atas suaminya Thomas Raffles, di mana kala itu Sir Thomas tidak menyukai adanya perbudakan dan menentangnya. Sehingga di setiap wilayah yang dipimpinnya ia memberlakukan revolusi sosial tersebut.

Tak heran jika puisi cinta yang diberikan Sir Thomas begitu dalam karena sosok Lady Raffles adalah sosok pasangan yang selalu setia dan mendukung suaminya ketika itu. Saat masa kritis Lady Raffles, Sir Thomas kemudian memindahkannya ke Istana Bogor hingga akhir hayat Lady Raffles.

Adanya monumen kecil saat pintu masuk merupakan bentuk cinta abadi dari kedua pasangan romantis ini. Oleh karena itu, jika ingin hubungan langgeng, belajarlah dari sejarah puisi cinta romantis yang diberikan Thomas Raffles untuk istrinya, ini akan membuat haru.

sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 929 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 918 kali

sahabat total episode 1