Terlalu Sering Pakai Flat Shoes, Ini Dia Bahayanya

itoday - Wanita yang sering menggunakan high heels sering menjadi sorotan karena lebih memicu radang sendi. Ternyata, bagi Anda yang suka pakai flat shoes pun dapat mengalami risiko gangguan persendian yang harus diketahui.

Karena menurut Spesialis Kedokteran Olahraga dr Ade Tobing, SpKO, bagian telapak kaki manusia normalnya terdapat lekukan di bagian tengah. Tapi ada sebagain pula orang dengan bentuk telapak kaki datar yang cukup sensitif dalam pemilihan alas kaki.

"Kalau cewek bentuk kakinya flat dan harus pakai flat shoes itu juga berisiko menimbulkan tekanan di bagian sendi. Kalau lama-lama dibiarkan bisa menipis sendinya karena ada tekanan kuat," tutur dr Ade ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Dia menambahkan, semestinya Anda menambahkan bantalan khusus untuk menyangga telapak kaki agar tetap nyaman. Ketika menggunakan flat shoes, Anda dapat memasang bantal tersebut di bagian telapak kaki agar sejajar dan nyaman.

"Saya selalu menyarankan pasien untuk menambahkan bantalan kecil yang bisa buat sendiri atau beli di luar yang dipasang di telapak kaki bagian lekuknya itu. Apalagi kalau kakinya yang datar dan harus pakai flat shoes bisa berisiko mengalami nyeri sendi," bebernya.

Lebih lanjut, dr Ade menyarankan wanita memakai alas kaki yang tepat. Sebagai contoh yaitu menggunakan sport shoes yang dirancang nyaman bagi penggunanya.

Sekalipun memilih sport shoes juga jangan yang terlalu tinggi bantalan bawahnya. Kemudian pilih yang enteng agar tidak menjadi beban bagi kaki. Maka itu, harap diperhatikan benar-benar sebelum membeli sepatu ya, Ladies!


Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 03 Maret 2017 - 11:13 WIB

Terlalu Sering Pakai Flat Shoes, Ini Dia Bahayanya

Telah dilihat : 512 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 507 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 659 kali

Nokia hadir di MWC 2017