Gereja Blenduk Semarang Cagar Budaya Rohani

Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yakni Gereja Blenduk kondisinya memprihatinkan. Dinding gereja di Kota Semarang itu keropos dan mengelupas.

Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel atau lebih dikenal dengan Gereja Blenduk itu dibangun oleh warga Belanda pada 1753. Gereja berbentuk heksagonal berkubah besar dilapisi perunggu. Nama Blenduk adalah julukan dari masyarakat setempat yang artinya kubah. Di dalam gereja kebanggaan Kota Semarang itu terdapat orgel barok. 
Gereja Blenduk sempat direnovasi pada 1894 oleh W Westmaas dan HPA de Wilde. Dalam renovasi itu ada tambahan dua menara di depan gereja. Hingga saat ini, gereja tua itu masih digunakan umat Kristen beribadah setiap Minggu.

“Ada tiang penyangga kubah yang mulai keropos, sehingga kami sedang mengajukan dana perawatan kepada Balai Cagar Budaya Jawa Tengah,” kata Pendeta GPIB Immanuel Blenduk Hellen Luhulima, di Gereja Blenduk, Jalan Letjen Suprapto, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hellen mengatakan, biaya perawatan gereja yang diajukan cukup besar lantaran cat yang digunakan adalah cat khusus. Cat untuk menambal dinding yang mengelupas dan keropos biasanya didatangkan langsung dari Jakarta.

“Tidak bisa pakai cat biasa yang ada di toko bangunan. Cat yang dipakai buat Gereja Blenduk harus bisa melekat kuat pada dindingnya,” imbuh dia.

Pihak Gereja Blenduk mengaku sempat melakukan perbaikan pada 2013. Saat itu, dana yang dikucurkan dari Balai Cagar Budaya Jawa Tengah sebesar Rp300 juta.

Hingga saat ini, Gereja Blenduk masih digunakan untuk ibadah pada Minggu pagi dan sore. Selain itu, turis lokal dan mancanegara juga sering berkunjung ke gereja tua itu setiap hari. Kondisi dinding dan tiang penyangga yang mulai keropos itu dikhawatirkan dapat membahayakan umat Kristen yang beribadah dan pengunjung.

“Kunjungan turis dari rombongan pelajar setiap hari ada ratusan orang. Sedangkan untuk jumlah turis asing saat musim liburan panjang rata-rata sebanyak 80 orang mengingat Gereja Blenduk telah lama jadi ikon Indonesia yang telah mendunia,” pungkas dia.

Sumber: Metro News

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 16 Maret 2017 - 10:22 WIB

Gereja Blenduk Semarang Cagar Budaya Rohani

Telah dilihat : 1315 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1266 kali

sahabat total episode 1