Sejuta Misteri dalam Gua Tritip di Kota Kelahiran Kartini

itoday - Membahas Kota Jepara pasti tak lepas dari kenangan mengenai perjuangan Kartini, sebab di kota inilah beliau hidup dan memperjuangkan hak-hak wanita di zaman penjajahan dulu. Namun, di luar itu ternyata kota ini juga punya sisi mistis yang dihadirkan dari Gua Tritip.

Gua ini dipercaya memiliki kekuatan mistis karena dulunya dijadikan sebagai tempat Mbah Joyo Kusumo salah satu legenda di Jawa Tengah untuk bertapa. Kemistisan gua bahkan terasa dari sisi gelap di dalam gua yang dikelilingi hutan tersebut. Membuat bulu halus pun mulai merinding.

Pada atap gua, jalar-jalar pepohonan melumuti seluruh area yang akan membuat adrenalin semakin tegang. Bebatuan gunung bertebaran di tanah sehingga Anda harus berhati-hati ketika berkunjung ke sini.

Di sekitar gua Anda akan melihat sebuah perahu kuno, dan di sanalah Mbah Joyo bertapa, namun sayangnya perahu tersebut sudah tidak utuh dan banyak dirusak oleh tangan-tangan jahil. Tetapi, jangan kaget jika ketika berada di sana Anda akan menghirup bau menyan, dan melihat banyak sesajen karena itu merupakan pemberian dari masyarakat untuk menjaga gua.

Jadi setiap malam Jum’at Wego, masyarakat sekitar pasti memberikan sesajen baik berupa kelapa, wedang hingga kopi di sekitar Gua. Mereka juga melakukan ritual pertapaan untuk meneruskan yang dilakukan oleh Mbah Joyo kala itu.

Jika Anda hendak pergi ke sana alangkah baiknya menggunakan busana sopan, dan juga selalu menjaga kebersihan. Jangan lupa juga untuk membawa persiapan untuk menelusuri gua terutama senter, sendal gunung, helm untuk keselamatan Anda sendiri.



Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 162 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 273 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 263 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 392 kali

Nokia hadir di MWC 2017