Coban Sewu, Indahnya Serpihan Surga di Perbatasan Malang dan Lumajang

itoday - Keindahan alam Indonesia yang terhampar dan tersebar di berbagai penjuru kerap kali diistilahkan sebagai surga di dunia, alasannya karena pesonanya yang memukau. Hampir setiap daerah di Indonesia menyimpan serpihan surga, termasuk di Jawa Timur tepatnya di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Dari pusat kota Malang dibutuhkan waktu sekira tiga jam untuk sampai ke air terjun fenomenal yang disebut coban sewu oleh masyarakat sekitar. Okezone merasakan sendiri bagaimana jalur yng ditempuh, mulai dari padatnya arus kendaraan di pusat kota hingga ekstremnya jalur berliku yang dilintasi truk pengangkut batu dan pasir.

Karena termasuk objek wisata baru yang dikelola masyarakat sekitar, jadi jangan heran jika papan penunjuk jalan kea rah Coban Sewu masih sangat minim. Sebagai saran, gunakan aplikasi map pada smartphone Anda dan seringlah menengok ke kanan jalan karena gapura kecil bertuliskan Coban Sewu ada di sebelah kanan jalan jika Anda datang dari arah Malang.

Tiba di lokasi, Anda harus memarkirkan kendaraan di area depan pintu masuk coban sewu, akan ada masyarakat sekitar yang menyambut Anda dengan sapaan hangat. Tarif untuk masuk coban sewu tidaklah mahal hanya Rp5.000 per orang dan biaya parkir kendaraan roda dua dengan nominal yang sama.

Untuk bisa sampai ke coban sewu dibutuhkan waktu perjalanan selama 30 menit hingga 1 jam dengan track yang bervariasi mulai landai hingga sangat menantang. Track menantang ini tak main-main karena untuk sampai ke dasar air terjun, pengunjung harus meniti anak tangga yang terbuat dari susunan bambu.

Ada ratusan pijakan bambu yang harus dituruni, kemiringan sudut anak tangganya juga beragam bahkan ada yang 90 derajat. Saking mengesankannya, Okezone bisa mengatakan track ini bukan untuk pengunjung yang cengeng.

Semakin dekat dengan air terjun maka semakin jelas suara gemericik air yang seolah memanggil untuk segera disentuh. Sampai di dasar, Okezone dan pengunjung lain harus menyebrangi sungai untuk bisa sampai di sisi tebing dimana jadi spot foto andalan yang dijamin instagramable. Karena arus yang deras, pengelola objek wisata ini menyediakan tali yang bisa digunakan sebagai pegangan.

Masyaallah! Kata ini otomatis langsung terlontar saat menongakkan kepala dan melihat kucuran air terjun yang jumlahnya sangat banyak dan berlimpah. Ya, air terjun ini disebut coban sewu karena jumlah kucurannya yang sangat banyak, memutar di sepanjang tebing yang melengkung.

Saking banyak dan derasnya kucuran air, jangan heran jika tubuh akan basah terpercik bulir air yang tertiup angin. Segar!

Dari atas tebing terlihat jelas bagaimana keindahan air terjun ini menampilkan pesonanya yang alami, asli dan pastinya karya indah Tuhan. Melihat pesonanya memang membuat banyak orang terhipnotis tapi jangan berlama bengong karena banyak foto yang harus dijepret.

Abadikan setiap sudut air terjun, pastikan Anda berpose dengan senyum paling manis. Tapi harus tetap fokus dah hati-hati, karena beberapa batu berlumut akan licin saat diinjak. Apalagi posisi tebing yang cukup tinggi menjadikannya agak berbahaya, intinya adalah tetap berhati-hati dan jangan nekat demi mendapat foto yang sensasional.

Karena jalur yang ditempuh cukup berat dan juga area coban yang belum lama dibuka untuk umum, objek wisata ini belum banyak disambangi pengunjung jadi akan sangat bagus sebagai tempat foto yang terkesan privat.

Waktu paling baik menyambangi air terjun ini adalah pagi hari karena bisa berlama di area air terjun dan juga jika beruntung akan bertemu dengan lengkungan pelangi yang cantik hasil bias air dan cahaya sang surya.

Oiya, mau lihat perbatasan dua kabupaten? Lengkungan tebing air terjun adalah batas antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, jika Anda menoleh ke kiri tebing maka itu adalah wilayah Malang sementara bagian kanan tebing sudah masuk Kabupaten Lumajang.



Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 718 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 712 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 889 kali

Nokia hadir di MWC 2017