Jatiluhur, Waduk Serba Guna nan Eksotis

itoday - Bendungan Ir Djuanda, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mungkin tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di nusantara.

Ya, bendung buatan yang luasnya mencapai 8.300 hektare itu, sangat terkenal dengan keindahan dan keeksotisan alamnya. Tak heran, jika musim liburan tiba, puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah kerap berbondong-bondong mengunjungi lokasi tersebut.

Meskipun, banyak tempat wisata lain yang tak kalah menarik, kawasan Waduk Jatiluhur tetap masih menjadi primadona. Sampai saat ini, Waduk Jatiluhur tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Selain panorama alam yang indah, wisatawan dapat merasakan sejuknya alam yang asri. Apalagi, kanan dan kiri jalan menuju waduk menjulang pohon-pohon yang tinggi. Kemudian, suasan lebih cantik lagi dengan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Waduk Jatiluhur ini bisa dikatakan serba guna. Karena, selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun menjadi objek wisata Favorit. Salah satu yang memberdakan waduk ini dengan lokasi wisata lain, mungkin keindahan alamnya yang masih cukup asri.

Air danau yang berkilau akibat pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Keindahannya pun bertambah, seiring banyaknya pepohonan hijau yang menghiasi bibir waduk tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini pun tak hanya akan disuguhi pemadangan nan eksotis. Mereka, juga bisa merasakan adrenalinnya yang terpacu ketika menaiki perahu tradisional maupun speedboat yang bisa disewa untuk rekreasi.

Tak hanya itu, di lokasi ini pun tersedia wahana rekreasi air yang cukup menyenangkan untuk keluarga. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Wahana air ini, lokasinya berada di kawasan wisata Grama Tirta Waduk Jatiluhur, yang letaknya persis beberapa meter dari bibir waduk.

‎Eksotika alam Jatiluhur ini sangat luar bisa. Bahkan bisa dibilang tak ada bandingannya. Karena, lokasi waduk ini dikelilingi pegunungan bebatuan yang sangat indah. Sehingga, menjadikan lokasi ini lebih terlihat menarik.

‎Banyak variasi yang ditawarkan ke masyarakat di lokasi wisata Jatiluhur ini. Selain wisata air di kawasan JWW, di lokasi ini pun tersedia wisata edukasi serta Kuliner. Untuk wisata edukasi, setiap pengunjung bisa melihat-lihat belajar mengenai bendungan dan turbin sebagai pembangkit listrik.

Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu tradisional. Bagi pecinta olahraga, wisatawan bisa berkeliling waduk dengan spedd boat. Kemudian, bisa juga menikmati makan khas Waduk Jatiluhur. Salah satunya, yang berbahan dasar ikan patin.

Ada lokasi yang lebih menarik lagi di lokasi wisata ini. ‎Yakni, sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset di bendungan raksasa ini. Tempat yang diberi nama Lake View Istora Air Jatiluhur ini persis berada di sekitar bendungan utama. Lokasi ini pun langsung menghadap ke arah barat danau. Sehingga, menjelang sore pengunjung bisa melihat pemandangan sunset yang sangat indah di danau tersebut‎.

Di lokasi ini, terdapat sebuah cafe yang menyerupai geladak kapal laut. Pengunjung pun bisa menikmati sejumlah makanan ringan sembari menikmati keindahan alam di Jatiluhur. Bahkan, Landscape Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang terhampar di depan mata menjadi pemandangan tersendiri ketika kita berada di cafe tersebut.

Selain itu, bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam, pengelola Waduk Jatiluhur juga menyediakan penginapan dan bungalow di beberapa titik di lokasi tersebut. Sebut saja salah satunya, di kawasan Istora Jatiluhur.

Tertarik datang ke sini? Wisatawan tak perlu khawatir tersesat. Karena, lokasi wisata ini letaknya sangat strategis. Yakni, tak jauh dari gerbang tol Ciganea (Jatiluhur). Dari pusat kota Purwakarta saja, jaraknya kurang lebih hanya enam kilometer.

Perjalan untuk menuju kawasan rekreasi ini, sangatlah menyenangkan. Karena, wisatawan dapat merasakan sejuknya alam yang asri, dimana di kanan dan kiri jalan menjulang pohon-pohon yang tinggi. Apalagi, suasan asri ini dipercantik lagi dengan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Setibanya di pintu gerbang, ada sejumlah petugas keamanan dan petugas retribusi yang siap menyapa pengunjung. Setelah bertransaksi, suasana asri nan sejuk masih terasa sampai peloksok pedalaman kawanan wisata Grama Tirta. Di kawasan ini, pengunjung bisa dengan bebas mendatangi lokasi wisata yang sesuai dengan tujuannya.



Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 29 Mei 2017 - 10:21 WIB

Jatiluhur, Waduk Serba Guna nan Eksotis

Telah dilihat : 1484 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1434 kali

sahabat total episode 1