Tok Jaran, Menikmati Indahnya Aliran Mata Air Yang Jernih

 

itoday - Dari sekian banyak destinasi wisata alam di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Tok Jaran adalah salah satu yang anti-mainstream.

Tok Jaran berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo. Aliran mata air di Tok Jaran sangat jernih. Kolam alami di bawahnya cukup luas untuk berenang dan main air bersma keluarga.

Giono selaku Kepala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Tok Jaran mengatakan bahwa tempat ini punya legenda dan sejarah sendiri.

"Konon menurut cerita para sesepuh di desa ini, Mata air ini sering digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk beristirahat. Diponegoro juga sering memandikan kuda-kudanya di mata air ini, oleh karena itu warga sekitar menyebut mata air ini dengan Tok Jaran," papar Giono kepada Tribun Jateng.

Nuansa alam di sekitar Tok Jaran sangat sejuk, karena terletak di lereng Perbukitan Menoreh. Mata air mengalir lewat pipa yang terbuat dari bambu. Airnya sangat jernih dan segar.

"Mata air Tok Jaran ini masih sangat alami dan murni dari pegunungan. Cara mendeteksi air ini masih alami dan belum tercemar. Kita bisa melihat hewan anggang-anggang air yang berada di permukaan kolam," jelas Giono.

Ia juga menambahkan air tersebut masih mempunyai kadar mineral yang tinggi, sehingga air tersebut bisa diminum langsung dari pancuran bambu.



"Tempat ini menjadi favorit ikan-ikan kecil dan ekosistem alamnya masih sangat terjaga, karena alamnya yang masih sangat natural dan air belum tercemar," tambah Giono.

Biaya tiket masuk di kawasan wisata tersebut sebesar Rp 5. 000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2. 000, sedangkan roda empat sebesar Rp 5.000.

Dari Kota Yogyakarta, Anda dapat melalui rute Tugu Yogyakarta menuju ke arah barat Jalan Godean. Sesampainya di pasar Godean, lanjutkan perjalanan hingga sampai di jembatan Sungai Progo.

Ikuti jalan hingga sampai di perempatan Nanggulan, lurus terus ke arah wisata Gua Kiskendo. Sampai di pertigaan Gua Kiskendo ambil jalan ke kiri, ikuti jalan dan papan penunjuk arah ke lokasi wisata tok Jaran yang berada di kawasan wisata Kembang Soka.



Sumber: Kompas.com

Tags #Tok Jaran

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1484 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1434 kali

sahabat total episode 1