Situ Cilembang, Surga Biru yang Tersembunyi di Tanah Sumedang

Situ Cilembang. © Toni_kardianto

 

itoday - Danau yang tidak terlalu lebar ini baru dikenal para pelancong beberapa tahun belakangan. Para pengguna jejaring sosial yang menjadikannya terkenal di Jawa Barat. Kini wisatawan dari luar provinsi pun mulai berdatangan untuk menyaksikan sendiri keindahannya.

Danau Cilembang tersembunyi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Danau ini diperkirakan memiliki kedalaman sekitar tiga meter. Airnya berwarna biru dan sangat jernih.

Wisata danau dengan pemandangan keren ini memiliki banyak nama pemberian netizen, antara lain Sirah Cilembang, Situ Cilembang, dan Danau Biru Hariang Cilembang. Ada juga yang menyebutnya Labuan Cermin Sumedang, karena seindah danau Labuan Cermin di Biduk-Biduk, Kalimantan Timur yang juga memiliki air berwarna biru jernih.


Danau Cilembang. © Instagram/indra_fajarap

 

Sama seperti Pantai Tiga Warna di Malang dan Tebing Keraton di Bandung, Situ Cilembang juga mendadak terkenal karena jejaring sosial. Saat ini kawasan tersebut dikelola oleh pemuda karang taruna setempat agar terjaga keasliannya. Sampai saat ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Hanya diminta membayar biaya parkir kendaraan saja.

Kamu dilarang keras untuk mandi dan berenang di danau. Kalau ingin menjajal kesegaran airnya, cukup cuci muka saja. Pasalnya danau ini merupakan sumber air minum bagi warga setempa

Selanjutnya nikkmati pemandangan dasar danau yang indah dengan ikan-ikan dan kura-kura tawar yang berkeliaran di sana. Udara yang sejuk dan pepohonan asri yang mengelilingi danau juga akan menjadikan pikiran lebih rileks.



Sumber: Merdeka.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1479 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1431 kali

sahabat total episode 1