All New Rush Pakai Mesin Punya Avanza, Ini Alasan Toyota

itoday - Salah satu hal yang menjadi perdebatan soal All New Toyota Rush adalah dipilihnya mesin 2NR-VE. Mesin tanpa peningkatan performa tenaga dan torsi dibandingkan model sebelumnya. Tidak sedikit pihak yang menyayangkan keputusan Toyota itu.

Bukannya meningkat, mesin Rush baru justru turun performanya menjadi 102 hp dan 136 Nm, dari yang sebelumnya 107 hp dan 141 Nm. Padahal dimensi Rush baru mengalami peningkatan baik dari panjang, lebar, sampai bobot.

Namun dijelaskan oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), mesin yang digunakan tidak terlalu diutamakan untuk menawarkan performa tangguh layaknya SUV sejati. TAM justru mengatakan senjata baru di balik bonnet All New Rush itu lebih menekankan efisiensi bahan bakar.

“Tenaga sama torsinya sama dengan Avanza, cuma untuk model matic ada lock-up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush lama, cuma untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5,” terang Product Knowledge TAM, Gandhi Ahimsa Putra, hari Selasa (9/1) di Malang.

“Jadi gigi 1 lebih rendah, gigi 5 lebih tinggi. Gigi 1 untuk angkatan awal, biar lebih terasa G (force)-nya. Gigi 5 untuk efisiensi karena lebih tinggi.

“Contoh, gigi 5 kecepatan tinggi 100 km/jam RPM 3500 yang lama. Mungkin yang baru rpm-nya lebih rendah, bisa 2,500 seperti itu. Putaran mesin bisa lebih ringan di kecepatan 100 (km/jam).”

Berteknologi Dual VVT-i, mesin 2NR-VE saat ini juga telah lebih dulu dipakai untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Versi sebelumnya menggunakan mesin berkode 3SZ-VE.

“Target Rush lebih kepada fuel efficiency. Target Dual VVT-i itu memang efisiensi dan memang secara survey tenaga Rush yang dulu sudah lebih cukup, jadi tidak perlu tenaga secara feeling kok ini besar banget tapi kita lebih membelikan efisiensi yang lebih bagus,” tambah Gandhi.

Selain mesin, All New Rush juga kerahankan unit transmisi yang sama seperti model sebelumnya manual 5-speed dan otomatis 4-speed. 

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 17 April 2018 - 14:09 WIB

Maret, Toyota Catat Penjualan 31.424 Unit

Selasa, , 10 April 2018 - 12:04 WIB

Harga Resmi Toyota C-HR Mulai Rp 400 Jutaan

Telah dilihat : 3152 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3352 kali

sahabat total episode 2