Mulai Hari Ini Pelanggar Jalur Khusus Sepeda Motor Ditilang

itoday - Pemotor yang melintas di Jalan MH Thamrin – Jalan Merdeka Barat, mulai hari ini (Senin, 5/2) wajib berjalan di marka jalan khusus sepeda motor berwarna kuning, yang berada di sebelah kiri. Mereka yang tidak mematuhi aturan ini, langsung ditilang, demikian isi keterangan tertulis Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, menjelaskan ketentuan itu merujuk Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan Pasal 106 ayat (4) huruf b & Pasal 108 ayat (3).

Pasal 287 ayat (1) juncto Pasal 106 ayat (4) huruf b, menyatakan bagi pelanggar bisa dikenakan sanksi pidana atau denda tilang maksimal.

“Pelanggar bisa dikenakan dua bulan kurungan penjara dan atau denda paling banyak Rp 500.000,”  tegas Budiyanto di Jakarta, Senin (5/2).

Budi menghimbau kepada masayarakat pengguna jalan telah diberitahu melalui sosialisasi pada 29 Januari – 4 Februari 2018. “Sosialisi itu sudah cukup. Jangan sampai, nanti para pengguna kendaraan bermotor roda dua itu mengaku tidak mengetahui adanya aturan seperti itu, saat ditindak petugas,” tambahnya. 

Komentar

Artikel Terkait