Dua Bulan Pertama 2018, Ekspor Toyota Indonesia Turun

itoday - Ekspor mobil merek Toyota dari Indonesia menurun sepanjang 2 bulan pertama tahun ini, terimbas pengetatan aturan di Vietnam. Pelaku usaha masih optimistis pengapalan ke luar negeri tetap tumbuh sepanjang tahun 2018 ini, meski pada bulan kedua masih mengalami penurunan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2 bulan pertama tahun ini,  ekspor Toyota Indoensia turun 15,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 14.828 unit. Pada Februari, ekspor mobil Toyota merosot 19% dibandingkan dengan capaian pada bulan yang sama tahun lalu menjadi 7.253 unit.

Director Administration, Corporate, & External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam, mengatakan, penurunan pengiriman mobil Toyota ke luar negeri terjadi lantaran terdapat hambatan ekspor ke Vietnam. Perusahaan, mencatat terdapat 1.800 pengiriman Fortuner ke Vietnam yang tertunda dari Januari hingga pertengahan Maret 2018 akibat hambatan ekspor tersebut.

“Pelemahan daya beli dan masalah ekonomi di beberapa negara tujuan ekspor juga menjadi penyebab lain,” katanya kepada pers di Jakarta, Senin (19/3).

Timur Tengah merupakan negara tujuan ekspor Toyota di mana daya beli masyarakatnya sedang tertekan. Oleh karena itu, Toyota tidak menargetkan peningkatan ekspor ke Timur Tengah sepanjang tahun ini.

“Kalau daya beli memang Timur Tengah sedang tertekan. Sudah kita prediksi. Jadi, kami tidak targetkan naik,” papar Bob.

Timur Tengah memberikan kontribusi terhadap serapan produk ekspor Toyota dari Indonesia hingga 45%. Model yang dipasarkan ke kawasan ini di antaranya Fortuner, Kijang Innova, dan Vios.

Untuk mengimbangi tekanan pasar di Vietnam dan Timur Tengah, perusahaan berusaha menambah ekspor ke kawasan Asia Tenggara mengingat kondisi perekonomiannya sedang bagus.

“Tapi kami juga harus hati-hati karena sekarang kecenderungannya protection, tidak mudah dalam mengekspor,” tutur Bob.

Komentar

Artikel Terkait

Selasa, , 20 Maret 2018 - 14:31 WIB

Dua Bulan Pertama 2018, Ekspor Toyota Indonesia Turun

Telah dilihat : 3157 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3357 kali

sahabat total episode 2