Kantor dan Pabrik BMW Digerebek Polisi

itoday - Kasus diesel gate ternyata belum berakhir, tak hanya Volkswagen ada lagi merek besar automotif Jerman yang ikutan tersandung masalah ini. Hari ini (21/3/2018), Kantor pusat BMW diserbu oleh Kepolisian dan Kejaksaan Jerman yang menyelidiki tes emisi gas buang palsu (dieselgate).

Markas besar BMW diserbu oleh kepolisian dan jaksa Jerman yang menyelidiki dugaan penggunaan perangkat lunak pengendalian emisi ilegal yang mampu memanipulasi tingkat pembuangan.

Sekitar 100 polisi dan aparat penegak hukum menggeledah markas besar pembuat mobil mewah Munich dan tak hanya kantornya sebuah pabrik di Austria juga ikutan diperiksa. Polisi dan jaksa, telah membuka penyelidikan bulan lalu, karena curiga dan mempunyai bukti awal kecurangan BMW.

Sumber-sumber hukum mengatakan fasilitas yang digeledah di Austria adalah pabrik mesin BMW di Steyr Austria, di mana perusahaan mempekerjakan sekitar 4.500 staf dan merakit 6.000 mobil setiap hari ikut jadi sasaran pemeriksaan polisi.

"Ada kecurigaan awal bahwa BMW telah menggunakan perangkat  terkait tes, emisi, untuk mengelabui aturan emisi " kata jaksa dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Dailymail, Rabu (21/3/2018)

Bukan baru ini saja Markas BMW di Jerman diserbu polisi, bulan Oktober tahun lalu, Markas BMW di Munich Jerman digerebek oleh Uni Eropa terkait dengan penyelidikan kasus kartel yang melibatkan para produsen Jerman.

Diberitakan Reuters, badan pengawas persaingan usaha di sana sedang menginvestigasi menyusul laporan di media Jerman, Der Spiegel. Lima perusahaan besar, yakni BMW, Volkswagen, Porsche, Daimler dan Audi tercatat bekerja sama mendikte harga, pemasok komponen, teknik dan bahkan sistem filter mesin diesel sejak awal dekade 1990-an. Hal inilah yang disebut sebagai sumber awal dieselgate.

"BMW ingin menjelaskan perbedaan antara pelanggaran Undang-undang hukum antimonopoli dan tindakan ilegal dalam hal gas buang. BMW bukan termasuk dalam golongan yang melakukan tindakan ilegal itu," ungkap perwakilan BMW.

Permasalahan dieselgate terungkap pertama kali terungkap saat tes emisi pada mobil diesel TDI milik Volkswagen. Pada saat tes tersebut, Volkswagen menggunakan software khusus agar dapat lolos uji emisi.

 

 

 

 

 

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 09 November 2018 - 00:40 WIB

Aktor Claudio Martinez Ditangkap Polisi

Kamis, , 08 November 2018 - 01:02 WIB

BMW S1000RR Resmi Meluncur di EICMA 2018

Telah dilihat : 35 kali

Euforia Persija Jakarta Juara Part 2

Telah dilihat : 41 kali

Euforia Persija Jakarta Juara

Telah dilihat : 1610 kali

Video klip #2019GantiPresiden