Jokowi Lepas Ekspor Perdana 420 unit Mitsubishi Xpander

itoday - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor perdana Mitsubishi Xpander rakitan Indonesia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4). Pada peresmian ekspor tersebut Jokowi didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Pada kesempatan ini kami laporkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) melakukan ekspor perdana mobil MVP (Multi Purpose Vehicle) dengan gaya SUV (Sport Utility Vehicles)," ujar Airlangga saat memberikan sambutan.

Filipina bakal menjadi negara tujuan ekspor pertama mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diproduksi di Cikarang tersebut. Pada tahap awal ini, ada 420 Xpander yang diekspor ke Filipina. "Tepat satu tahun lalu Bapak Presiden meresmikan pabrik MMKSI yang mempekerjakan 4 ribu tenaga lokal, nanti akan ditambah jadi 6 ribu," ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, Xpander dirakit di pabrik yang modern. Ditargetkan, sepanjang 2018 akan ada 20 ribu unit Xpander rakitan Indonesia yang diekspor ke luar negeri.

"Diekspor langsung dari IPC, anak perusahaan Pelindo yang sangat menguntungkan dan dengan gaya manajemen yang sekarang ini perubahan yang luar biasa," ujarnya.

Selain ke Filipina, rencananya Xpander rakitan Indonesia ini akan diekspor juga ke Vietnam, Thailand, Sri Lanka, Bolivia dan Mesir. Target awal, produksi Xpander di Cikarang sendiri mencapai 80 ribu unit. Sebanyak 60 ribu unit di antaranya dipastikan untuk pasar domestik, sisanya untuk ekspor. Di luar dugaan, sekarang pemesanan sudah mencapai 66 ribu unit.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat ini Xpander merupakan pemimpin pasar segmen Low MPV di Indonesia dengan angka penjualan wholesalers di atas 7.000 unit per bulan.

 

Sumber: Merdeka

 

Komentar

Artikel Terkait

Rabu, , 23 Mei 2018 - 00:15 WIB

Mitsubishi Xpander Siap Jelajahi Filipina

Telah dilihat : 3393 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3612 kali

sahabat total episode 2