Ducati Panigale V4 2018 Kena Recall Karena Dua Masalah Ini

itoday - Ducati melakukan dua recall terpisah pada semua model Panigale V4 2018 termasuk varian S dan Speciale di seluruh dunia terkait dengan potensi kebocoran bahan bakar. Meskipun kedua recall tampak terkait, namun penarikan ini sebenarnya untuk dua masalah yang berbeda. Dua masalah itu adalah potensi kebocoran bahan bakar dari valve pernafasan internal dan potensi semburan bahan bakar ketika tutup tangki dibuka. Recall ini berpengaruh langsung terhadap 692 sepeda motor di Amerika Serikat.

Recall pertama merujuk pada potensi kebocoran pada breathing valve yang terletak di bagian belakang tangki yang biasanya dicover oleh kursi jok. Menurut dokumentasi recall yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration, O-ring valve mungkin saja mengalami kerusakan ketika instalasi valve plug.

Masalah ini pertama kali dilaporkan pada 5 Maret 2018 oleh sebuah dealer Eropa setelah melihat kebocoran bahan bakar pada motor demo. Karena kebocoran terjadi pada bagian tangki belakang, dealer tersebut dengan segera mengidentifikasi valve pernafasan sebagai sumber masalah dan menemukan O-ring yang terjepit. Setelah menerima laporan tersebut, Ducati segera mengadakan investigasi internal. Pada bulan April, Ducati telah menerima empat laporan yang lain, salah satunya dari Amerika Serikat. Semua laporan di lapangan ini semakin memperkuat bukti kerusakan O-ring. Ducati memulai proses recall di seluruh dunia pada 11 April 2018.

Dealer Ducati akan mengganti valve plug dan O-ring pada unit yang telah di-recall. Plug yang baru memiliki sudut tepi miring untuk memudahkan pemasangan sekaligus mengurangi risiko terjepitnya O-ring selama proses instalasi. Ducati juga akan menggunakan pelumas berbeda untuk meningkatkan plug fitting alih-alih menciptakan segel buatan.

Recall kedua merujuk pada masalah tersemburnya bahan bakar ketika tutup tangki dibuka. Menurut dokumen NHTSA, tutup bahan bakar Panigale V4 kemungkinan tidak memiliki ventilasi yang cukup baik. Dalam kondisi tertentu, tekanan bisa menumpuk di dalam tangki bahan bakar. Ketika tutup bahan bakar dibuka, tekanan dari dalam tangki dapat menyebabkan bahan bakar menyembur keluar. Pengendara motor model ini mungkin dapat merasakan dan mendengar tanda-tanda tekanan yang berlebihan ketika mencoba membuka tutup tangki.

Ducati menerima dua laporan tentang masalah ini pada 21 Maret di Amerika Utara, satu dari motor demo di dealer dan satu lagi dari konsumen. Setelahnya penyelidikan segera dilakukan oleh Ducati. Pada akhir Maret, Ducati Amerika Utara menerima dua laporan lapangan tambahan. Penyelidikan ini selesai pada bulan April, dengan penarikan dimulai pada 11 April.

Dealer Ducati akan memodifikasi tutup tangki bahan bakar pada model Panigale V4 yang di-recall untuk meningkatkan kapasitas pernapasan. Langkah-langkah perbaikan untuk kedua penarikan telah diimplementasikan pada model baru yang diproduksi setelah 28 Maret.

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 3393 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 3612 kali

sahabat total episode 2