Tips agar Tidak Stres saat Mudik dengan Anak

 

itoday - Menjelang Idul Fitri, banyak keluarga yang sudah yang bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman. Keluarga yang baru pertama kali mudik dengan anak tentunya akan memiliki banyak tantangan di perjalanan pulang.

Apapun moda transportasinya, bisa mobil, kereta, ataupun pesawat, perjalanan dengan anak bukan hal yang mudah. Hal penting yang perlu dilakukan orang tua adalah mempersiapkan diri sebelumnya. Dilansir dari Parents, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak stres saat mudik dengan anak-anak.

#Pilihan tas yang benar

Bawa satu tas kecil yang berisi pakaian untuk hari berikutnya dan pakaian ekstra untuk cadangan, baju tidur, sikat gigi, dan apa pun yang Anda butuhkan untuk siang dan malam selama perjalanan. Tas kecil memiliki akses yang lebih mudah bila membutuhkan sesuatu untuk anak selama perjalanan dibanding memasukkan semua barang anak di koper. Bila perjalanan panjang, bawa selimut dan bantal kecil untuk anak. Simpan tisu basah dan tisu kering, dan juga kantong untuk sampah dalam tas tersebut, untuk berjaga-jaga bila anak menumpahkan sesuatu.

#Antisipasi saat perjalanan

Perjalanan panjang biasanya membosankan untuk anak, karena itu mempersiapkan kegiatan untuk perjalanan akan sangat membantu. Bawa camilan yang sehat agar anak melakukan sesuatu selama perjalanan. Bila anak sudah merasa bosan, siapkan mainan yang mudah untuk dibawa. Untuk perjalanan menggunakan mobil pribadi, persiapkan CD atau playlist dengan lagu-lagu favorit anak. Untuk perjalanan menggunakan pesawat atau kereta, Anda juga bisa memberikan headphone yang besar untuk anak agar mereka bisa mendengarkan musik favorit selama perjalanan.

#Waktu beristirahat

Beri waktu ekstra selama perjalanan, terutama bila mudik menggunakan mobil pribadi. Anda harus berhenti untuk menyusui, mengganti popok, dan meregangkan tubuh, berhenti untuk istirahat kecil dan besar. Sebaiknya berhenti di tempat yang ada semua hal yang dibutuhkan, dari toilet sampai makanan. Walaupun akan sampai di tempat tujuan lebih lama, hal ini akan membantu Anda tidak stres selama perjalanan. Waktu untuk istirahat bukan hanya untuk anak, tetapi untuk Anda juga.

Komentar

Artikel Terkait