Ini Bocoran Desain Mobil Formula 1 Musim Depan

itoday -  Federasi Balap Internasional dan otoritas Formula 1 (F1) saat ini sedang menggodok rancangan desain mobil untuk musim depan. Berbagai perdebatan muncul di tengah proses penggarapan konsep. 

Secara garis besar, mobil F1 musim depan rencananya dibuat lebih futuristik dan aerodinamis. Mobil F1 dibuat agar lebih lincah supaya penonton lebih sering melihat aksi overtaking (menyalip) dari para pembalap. 

Oleh sebab itu rancangan F1 musim 2019 melibatkan desainer dengan latar belakang aerodinamika dan juga desainer dari bidang permesinan. Semua kepala dari masing-masing tim juga dilibatkan dalam membangun desain. 

Kepada Motorsport, salah satu kepala tim yang terlibat, Gunther Steiner (dari tim balap Haas) mengatakan bahwa arah pembangunan desain mobil balap F1 tidak mudah. Masing-masing punya pendapat yang masuk akal. 

Gunther memberi contoh, sorang insinyur mesin memiliki ide membuat mobil lebih ngebut di lintasan. Namun ide tersebut beririsan dengan pendapat insinyur lain yang bicara masalah aerodinamika. 

"Orang-orang dari bagian aerodinamika melakukan penelitian dalam satu minggu. Mereka melakukan studi untuk sesuatu yang baik. Tetapi sekarang orang-orang dari bagian mesin juga ada di dalamnya," kata Gunther. 

"Mereka (orang-orang dari bagian mesin) bekerja untuk mencari tahu berapa banyak perbedaan mobil dengan musim lalu. Saya tidak berpikir ada orang (aerodinamika) yang memiliki jawaban," lanjutnya. 

Gunther juga mengatakan bakal ada perubahan besar di bagian sayap depan mobil musim depan. Hal itu bertujuan untuk mengaliri udara di sekitar ban yang memungkinkan pembalap lebih atraktif musim depan.

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 18 Juni 2018 - 00:26 WIB

Ini Bocoran Desain Mobil Formula 1 Musim Depan